5 Destinasi Impian di Indonesia yang Wajib Kamu Kunjungi Saat Liburan Akhir Tahun!

5 Destinasi Impian di Indonesia

RagamNews.com – Tidak terasa kalau 2022 sudah di depan mata! Anda pastinya sudah tidak sabar untuk segera pergi liburan bersama pasangan, teman, maupun keluarga. Apalagi saat ini sudah banyak daerah di Indonesia yang menurunkan PPKM menjadi level 2. Tentunya ini menjadi kabar baik yang artinya sudah banyak destinasi liburan yang dibuka untuk publik.

Siap untuk segera berlibur dan menemukan destinasi favorit tahun ini? Sebelum pergi, Anda sebaiknya menentukan destinasi yang ingin dituju. Yuk, cek 5 destinasi impian di Indonesia berikut ini!

1. Bali

Patung GWK , Bali
Patung GWK , Bali

Siapa yang tidak kenal Bali? Gaungnya sudah terdengar sampai ke negara lain. Kalau bule ditanya Indonesia, mungkin mereka akan menjawab Bali. Bali tenar bukan cuma karena obyek wisata yang melimpah, tapi karena kearifan lokal dan keramahan penduduknya, adat istiadat, dan sebagainya.

Tak heran Bali jadi destinasi favorit untuk berlibur, baik wisatawan domestik maupun mancanegara. Mau jalan-jalan ke pantai ada, mendaki gunung bisa, wisata belanja banyak, air terjun oke, tempat ibadah pura sampai museum, dan tempat rekreasi tersedia, komplit deh pokoknya.

Beberapa daftar tempat wisata di Bali yang terkenal, di antaranya:

  • Kalau mau basah-basahan datang saja ke Tanah Lot, Pantai Kuta, Pantai Sanur, Pantai Padang-Padang, Pantai Lovina, Pantai Dreamland, Pantai Nusa Dua, Pantai Seminyak, Pantai Uluwatu, Pantai Double Six, Pantai Legian, dan masih banyak lainnya
  • Wisata belanja tinggal mampir ke Pasar Badung, Sukawati, Mal Bali Galeria, Lippo Mall Bali, Discovery Shopping Mall, Kuta Square, dan lainnya
  • Ingin belajar sejarah, kunjungi Museum Pasifika, Museum Bali, Museum Bom Bali, Museum Puri Lukisan, Istana Tampak Siring, dan sebagainya
  • Wisata tempat suci ada Pura Besakih, Pura Tirta Empul, Pura Uluwatu, Pura Taman Ayu, Pura Gunung Kawi, Pura Taman Saraswati, Pura Luhut Batukaru, dan lainnya
  • Pacu adrenalin dengan mendaki di Gunung Agung, Gunung Batur
  • Tempat rekreasi lainnya, yakni melongok Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK), Pulau Penyu, Air terjun Gitgit, Gua Gajah, Bali Bird Park, Elephant Safari Park Ubud Monkey Forest, Waterbom Bali, dan masih banyak lainnya.

2. Danau Toba

Danau Toba , Sumatera Utara
Danau Toba , Sumatera Utara

Sejak Bandara Silangit dibuka tahun lalu, wisatawan yang berkunjung ke Danau Toba, Sumatera Utara meningkat. Selain obyek wisata Danau Toba dan Pulau Samosir yang melegenda, ternyata di sekitar kawasan ini ada spot-spot menarik untuk dijelajahi, apa saja?

  • Bukit Gajah Bobok. Jika ingin berburu matahari terbit atau sunrise, trekking ke bukit ini. Dari Bukit Gajah Bobok, kamu bisa menyaksikan Mahakarya Tuhan yang sangat indah
  • Gunung Pusuk Buhit. Gunung tersebut merupakan gunung berapi aktif di Sumut. Dengan tinggi sekitar 1.972 meter di atas permukaan laut, kamu akan mendapati pemandangan spektakuler
  • Obyek wisata lainnya di sekitar Danau Toba, ada Paropo, Bukit Siadtaratas, Negeri Bakkara, Holbung Samosir, Menara Pandang Tele Samosir, air terjun Efrata dan Situmurun, kebun bunga Sapo Juma Tongging, Pemandian Bukit Gibeon, Bukit Indah Simarjarunjung, Desa Wisata Tomok (Patung Sigale-gale, pemakaman raja-raja kuno Batak, Museum Batak), dan lainnya.

3. Labuan Bajo

Labuan Bajo, NTT
 Labuan Bajo, NTT

Liburan ke Labuan Bajo bagi wisatawan merupakan liburan impian. Ada paket wisata yang lengkap di sana, mulai dari bahari hingga darat. Destinasi ini juga memiliki kawasan habitat hewan endemik yaitu Komodo, tepatnya di Taman Nasional (TN) Komodo.
Oleh karena itu, semua wisatawan berlomba-lomba untuk berkunjung melihat indahnya daerah di Nusa Tenggara Timur (NTT) tersebut.

  • Lihat sunset di Bukit Cinta , Memandangi lautan, kamu juga bisa melihat ada beberapa bukit yang nampak seolah-olah mengambang di tengah laut. Waktu terbaik untuk datang ke Bukit Cinta tentu ketika sore hari menjelang matahari terbenam. Waktu tersebut merupakan waktu terbaik untuk melihat golden sunset Bukit Cinta.
  • Jelajah alam di Pulau Kelor , Tempat ini menawarkan keindahan alam hampir serupa dengan Bukit Cinta, di mana terdapat bukit-bukit rerumputan hijau di dalamnya. Kamu bisa menjelajah dan mengabadikan keindahan alam Labuan Bajo di pulau ini dengan cara mendaki setiap bukitnya.
  • komodo di Pulau Rinca, Padar, Gili Montang, dan Nusa Kode, Kamu akan melihat padang rumput dan pepohonan palem di pulau ini. Tak hanya itu, terdapat lebih dari 1.500 komodo yang masih menghuni pulau Rinca. Pulau lain yang juga memiliki komodo di antaranya Pulau Padar, Pulau Gili Montang, dan Pulau Nusa Kode.
  • Obyek wisata lainnya , Giri Laba, Goa Batu Cermin, Pulau Padar, Air terjun Cunca wulang, Kampung Melo, dan lainnya.

4. Kota Malang

Kampung Warna Warni Jodipan, Malang
Kampung Warna Warni Jodipan, Malang

Kalau sudah membahas soal liburan, Kota Malang pasti menjadi salah satu destinasi wisata favorit untuk dikunjungi. Selain suasananya yang ngangenin, tempat wisata di Malang juga ada banyak banget, jadi kamu enggak akan kehabisan ide wisata saat liburan ke kota di Jawa Timur ini.

Apalagi kalau liburannya bareng keluarga, kayaknya kota Malang benar-benar menjadi tempat yang cocok. Sebab, banyak taman rekreasi keluarga hingga tempat-tempat seru lainnya yang sayang banget kalau sampai kelewatan.

  • Gunung Bromo , Kamu bisa mengakses Gunung Bromo dengan kendaraan roda dua dan empat, namun perlu diketahui kalau kamu akan memerlukan sewa jeep untuk bisa sampai ke kaki gunung Bromo.
  • Alun-alun Kota Malang, Selain jajanan kaki lima di sekitar Alun-alun Kota Malang, menikmati suasana nongkrong di sore hari jadi aktivitas yang sayang untuk dilewatkan.
  • Kampung Warna Warni Jodipan, Kalau butuh spot foto wisata ini bisa jadi salah satu tempat yang dikunjungi saat liburan ke Malang. Para wisatawan dapat melihat mulai dari rumah hingga jalanan dicat dan dihiasi dengan pernak-pernik warna-warni.
  • Kampung Biru Arema, kota Malang juga mempunyai destinasi perumahan unik lainnya, yaitu Kampung Biru Arema. Di sini, ada ratusan rumah warga yang dicat biru, warna kebesaran Arema, klub sepakbolanya orang Malang. Selain itu, berswafoto dengan latar mural juga enggak kalah seru.
  • Jatim Park 1, Jatim Park 2, Jatim Park 3, Taman Labirin Coban Rondo dan masih banyak yang lainnya.

5. Bandung

Asia Africa , Bandung
Asia Africa , Bandung

Bandung adalah kota yang selalu ngangenin, bahkan bagi yang udah sering liburan ke Bandung sekalipun. Maklum, selain kulinernya yang lezat dan variatif, Bandung juga penuh dengan objek wisata yang bikin kota ini jadi salah satu magnet wisata utama di Pulau Jawa.

Enggak heran juga, tiap akhir pekan, ada ribuan atau bahkan puluhan ribu masyarakat Jakarta yang memilih Kota Bandung sebagai destinasi liburan pendek mereka!

Apa aja sih sebenernya tempat wisata Bandung yang bikin kota ini layak untuk dikunjungi dan dieksplor lagi?

  • Braga, ikon kota Bandung, dan tidak mungkin liburan ke Bandung kalau tidak menyempatkan diri sekadar lewat atau bahkan singgah untuk menikmati hypenya Braga. Dari restoran, bar, sampai coffee shop kekinian yang berdiri di dalam gedung tua yang terjaga, semuanya ada di Braga.
  • Kampung Cai Ranca Upas, adalah salah satu tempat wisata paling menarik di Ciwidey! Selain punya area perkemahan yang cantik, Kampung Cai Ranca Upas juga punya penangkaran rusayang menyenangkan untuk dikunjungi. Selain itu juga ada berbagai permainan outbound yang bisa kamu coba di sana bersama keluarga.
  • Kawah Putih Ciwidey, menjadi latar untuk foto-foto yang Instagramable? Well, memang sepopuler itu tempat wisata di Bandung ini. Buat yang belum pernah ke sini, wajib banget setidaknya sekali seumur hidup lihat pemandangan magis di Kawah Putih.
  • Orchid Forest Cikole,  Lembang Park & Zoo, Tebing Keraton, Rumah Guguk, The Great Asia Africa dan lainnya.

Makin Cinta Indonesia, “Tuhan menciptakan Indonesia saat sedang tersenyum.” Mungkin benar kalau ada yang bilang seperti itu karena negara ini dianugerahi beragam tempat wisata yang sangat elok. Banyak destinasi wisata Indonesia yang sudah mendunia, dan popularitasnya bakal meningkat karena terdongkrak acara internasional sekelas pertemuan tahunan IMF-Bank Dunia. Damn! I Love Indonesia.

Itulah beberapa destinasi yang wajib anda coba di akhir tahun ini!