5 Tips Usaha Garam dengan Modal Kecil Untung Besar

Garam Halus Tangan

RagamNews.com – Garam merupakan salah satu kebutuhan pokok dan wajib ada dalam deretan bahan masakan di dapur. Selain sebagai perisa asin yang menambah cita rasa masakan, garam beryodium  juga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan salah satunya adalah mencegah penyakit gondok. Itulah mengapa kita perlu mengonsumsi garam yodium setiap hari. Dan hal ini membuat permintaan garam di pasaran selalu meningkat. Tentunya ini bisa menjad peluang bisnis yang menjanjikan. Buat Anda yang tertarik memulai bisnis garam yodium, mari kita simak 5 tips berikut ini:

1. Mempersiapkan modal usaha

Salah satu hal utama yang harus dipersiapkan saat memulai bisnis adalah modal usaha. Begitupun saat memula bisnis garam yodium. Untuk besar kecilnya modal bergantung pada level bisnis yang akan Anda jalankan. Jika Anda memilih untuk menjadi pemasok tentu Anda membutuhkan modal yang relatif lebih besar. Lain halnya jika Anda memilih menjadi distributor atau supplier tentu modal yang Anda butuhkan relatif lebih kecil. Mulailah dari modal yang Anda miliki atau sesuai dengan kemampuan. Anda bisa memulainya dengan menjadi distributor dari suplier besar.

2. Menjalin kerjasama dengan suplier yang terpercaya

Perusahaan besar yang berkecimpung dalam bisnis garam yodium relatif masih sedikit. Oleh karena itu, Anda perlu hati-hati dan cermat dalam memilih suplier. Pilihlah suplier yang terpercaya dan sudah memiliki izin usaha yang resmi. Selain itu,pastikan jika Anda mendapatkan produk yang berkualitas dengan harga yang bisa bersaing di pasaran. Salah satunya adalah garam yodium cap tangan. Dengan menjual produk yang berkualitas, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang berlipat.

3. Memilih lokasi yang strategis

Lokasi yang strategis akan memudahkan proses pengiriman barang sehingga bisa meminimalisir biaya yang dikeluarkan. Untuk itu pilihlah lokasi yang strategis yaitu di dekat jalan raya atau lokasi yang mudah diakses kendaraan umum. Jika Anda sebagai pemasok, maka pilihlah pabrik yang dekat dengan laut sebagai tempat produksi garam. Selain itu, Anda juga perlu menyewa ruko atau gudang penyimpanan yang dekat jalan raya. Dengan begitu, Anda dapat menghemat biaya operasional.

4. Memilih bahan baku dengan kualitas yang baik

Buat Anda yang berminat sebagai pemasok, Anda perlu cermat dalam memilih bahan baku yang berkualitas. Dan ini tentunya membutuhkan waktu yang tidak singkat. Apalagi, membludaknya garam impor dengan harga murah tentu menjadi tantangan yang tidak mudah untuk ditaklukkan. Lain halnya dengan distributor atau reseller yang tidak perlu memikirkan kualitas bahan baku. Pasalnya, mereka hanya perlu memilih suplier yang terpercaya dan memiliki produk yang berkualitas.

5. Menentukan patokan harga jual

Khusus buat pemasok, penentuan harga jual harus diperhitungkan dengan matang mengingat harga jual adalah salah satu senjata untuk menarik para distributor, agen dan reseller. Pastikan harga jual sesuai dengan biaya produksi yang sudah dikeluarkan. Dimana semakin banyak produk yang dihasilkan maka biaya produksinya juga akan semakin sedikit dan harga jual semakin murah. Tentunya hal ini bisa menjadi nilai plus yang menarik buat para distributor dan agen. Selan itu, Anda juga perlu menentukan harga jual standart di pasaran agar para agen bisa bersaing harga dengan sehat serta tidak merasa dirugikan. Alhasil, mereka akan terus bersemangat dalam menjalankan bisnis garam yodium yang didapatkan dari perusahaan Anda.

Itu dia 5 tips memulai bisnis garam yodium yang bisa Anda jadikan referensi. Buat Anda yang sedang mencari suplier garam yodium yang terpercaya, garam yodium cap tangan adalah pilihan yang tepat.