7 Tips Ampuh Tingkatkan Semangat Kerja Usai Libur Lebaran

Nggak terasa libur Lebaran sudah usai. Masyarakat pun kembali melakukan rutinitas sehari-hari, termasuk bekerja. Namun, apa jadinya kalau kamu ternyata belum bisa move-on dari libur Lebaran? Sebagian besar dari SobiPegi pasti masih merasa kurang bergairah dan nggak semangat untuk kembali bekerja. Itu wajar terjadi kok, karena beberapa hari kemarin kita nggak terbiasa untuk bekerja. Ditambah, saat liburan kita hanya melakukan hal-hal yang disukai atau yang bersifat less-stressful

Makanya, banyak orang yang merasa malas atau nggak bergairah saat masuk kerja setelah liburan panjang. Kamu nggak mau itu terus-terusan terjadi sehingga menghambat produktivitas kerja, bukan? Sebagai solusi, Pegipegi punya beberapa tips yang bisa membantu meningkatkan semangat kerja kembali nih, SobiPegi. Semoga bermanfaat! 

1. Sisakan Waktu untuk Me-Time atau Relaksasi

Sumber: Polina Tankilevitch dari Pexels

Setelah perjalanan mudik yang panjang, SobiPegi pasti merasakan rasa pegal, lelah, dan stres? Tentu, rasa negatif tersebut nggak ingin kamu bawa saat bekerja bukan? Maka dari itu, sisakan satu hari untuk memulihkan tenaga dan stamina SobiPegi untuk menghilangkan rasa negatif tersebut. Kamu bisa mengisi satu hari kosong ini dengan me-time seperti spa, massage, atau bahkan tidur! Maksimalkan waktu relaksasi sebaik mungkin supaya ketika kembali bekerja, energi kamu sudah penuh kembali!

2. Stay Motivated

tips semangat bekerja
Sumber: cottonbro dari Pexels

Setelah dirasa pemulihan stamina dan tenaga cukup, langkah selanjutnya adalah tetap merasa termotivasi. Cari motivasi yang dirasa akan membuatmu semangat untuk kembali bekerja. Kamu bisa bertanya kepada diri sendiri “kenapa nggak boleh malas bekerja?”, “kenapa kamu butuh pekerjaan ini?”. Setiap orang pasti punya motivasi tersendiri, kan?

3. Tetapkan Goals

tips semangat bekerja
Sumber: Polina Kovaleva dari Pexels

Ketika SobiPegi sudah menemukan motivasi untuk bekerja, jangan lupa untuk menentukan goals. Selain dapat memotivasi, goals, juga dapat membantumu untuk lebih fokus kepada tujuan awal. Ada yang tujuannya ingin liburan dan traveling ke seluruh dunia, atau ingin membeli barang atau properti tertentu. Untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut, SobiPegi pasti perlu menabung. Nah, menabung hanya bisa dilakukan jika kita bekerja kembali, bukan? Maka dari itu, ayo stay focus and keep motivated!

4. Bangun Lebih Pagi

tips semangat bekerja
Sumber: Miriam Alonso dari Pexels

Jika bangun lebih pagi, maka kamu punya banyak waktu untuk mempersiapkan diri sebelum mulai bekerja. Selain itu, kamu juga nggak tergesa-gesa untuk berangkat bekerja. Bayangkan saja, jika SobiPegi bangun mepet dan akhirnya terlambat masuk kerja. Bukankah itu awal yang buruk untuk memulai hari? Maka dari itu, bangunlah lebih pagi. Ketika bangun pagi, kamu punya waktu untuk mengumpulkan energi dan membangun mood positif sebelum bekerja.  Salah satu caranya bisa dengan mendengarkan lagu favorit, ngopi, sarapan, hingga melakukan olahraga ringan.

5. Atur Workspace Senyaman dan Serapi Mungkin

tips semangat bekerja
Sumber: Vadim Bozhko dari Unsplash

Meja kerja atau workspace kemungkinan berdebu setelah ditinggal libur Lebaran yang cukup lama. Kamu juga merasa nggak nyaman jika meja kerja berantakan dan kotor, bukan? Oleh karena itu, atur dan rapikan workspace atau meja kerja senyaman mungkin supaya SobiPegi betah berlama-lama. Semakin rapi dan bersih, mood dan semangat bekerja pasti akan baik. Kamu juga bisa menaruh beberapa foto orang terkasih, menempelkan goals, hingga menempatkan aromatherapy dan tanaman supaya lebih termotivasi plus menyegarkan suasana.

6. Prioritaskan Pekerjaan

tips semangat bekerja
Sumber: Polina Zimmerman dari Pexels

Hari pertama bekerja, pasti masih merasa belum terbiasa bukan? Untuk memudahkan pekerjaan, kamu bisa menyusun prioritas. Hal ini bisa dilakukan dengan menulis di notes tentang pekerjaan-pekerjaan apa saja yang harus kamu selesaikan hari ini. Selain itu, sebagai pemanasan, SobiPegi juga dapat melakukan pekerjaan yang ringan-ringan terlebih dahulu supaya mood bekerja tetap terjaga dengan baik. 

7. Lakukan Interaksi dengan Co-Worker

tips semangat bekerja
Sumber: Jason Goodman dari Unsplash

Merangkum dari Inc, melakukan interaksi dengan rekan kerja dapat membantu kamu meningkatkan semangat kerja usai liburan. SobiPegi bisa memulai bercerita mengenai pengalaman menarik, cerita mengesankan, atau cerita lucu yang kamu alami saat libur Lebaran. Hal ini bisa menjadi stimulus dalam membentuk ikatan dengan rekan kerja dan mempermudah kerja tim dalam bekerja.

Nah, itu dia tujuh tips ampuh meningkatkan semangat kerja setelah libur Lebaran. Semoga tips di atas dapat bermanfaat, ya. Ayo, semangat bekerja! Ingat, wishlist liburan kamu sedang menunggu, loh! Untuk persiapan traveling, kamu bisa pesan tiket pesawat, tiket kereta, tiket bus, dan hotel di Pegipegi, ya. Selain harganya nggak bikin dompet tipis, perjalanan traveling kamu jadi lebih mudah.

PESAN TIKET PESAWAT PESAN TIKET KERETA PESAN TIKET BUS PESAN HOTEL

Jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play
apps-store

Sumber foto utama: Andrea Piacquadio dari Pexels

Comments