Airbus A400M Atlas Sukses Uji Coba Removable Firefighting Kit, Siap Atasi Kebakaran Hutan

Airbus A400M Atlas Sukses Uji Coba Removable Firefighting Kit, Siap Atasi Kebakaran Hutan

Kemampuan baru yang satu ini boleh jadi akan kian menguatkan Indonesia untuk mengakuisisi pesawat angkut berat multiguna Airbus A400M Atlas. Seperti diketahui, pada penutupan Dubai AirShow 2021 yang berangsung pada November 2021, Indonesia lewat Kementerian Pertahanan RI resmi memesan dua unit Airbus A400M Atlas dalam konfigurasi tanker dan angkut. Bukan sebatas dua unit, Letter of Intent juga telah ditandatangani untuk pembelian empat unit A400M tambahan.

Baca juga: Kemhan Pesan Dua Unit A400M Atlas, Airbus Buat Video Spesial A400 dengan Nuansa Indonesia

Dan ada kabar terbaru dari Getafe, Spanyol, dimana Airbus Defence and Space (ADS) dalam rilisnya (26/7/2022) menyebut, telah berhasil menguji removable firefighting demonstrator kit pada A400M selama kampanye uji terbang di Spanyol.

Kampanye uji firefighting demonstrator berlangsung dalam kondisi siang hari dengan ketinggian operasi minimum 150 kaki (sekitar 45,7 meter) dengan kecepatan terbang serendah 125 knot (setara 231 km per jam) dan pelepesan hingga 20 ton air dari tangki dalam waktu kurang dari 10 detik.

Pihak ADS mengatakan tujuan utama dari kampanye ini adalah untuk memvalidasi kuantitas dan waktu pelepasan air serta kemampuan A400M untuk menjalankan peran baru ini dengan kit pemadam kebakaran yang dapat dilepas pasang.

Pengembangan prototipe removable firefighting demonstrator kit dan pengujiannya telah dilakukan bekerja dengan Grup ke-43 Angkatan Udara Spanyol, serta otoritas Eropa dalam operasi Pemadam Kebakaran dan Ministry for Ecological Transition and Demographic Challenge (MITECO).

“Kami sangat yakin A400M dapat memainkan peran penting dalam memerangi ancaman kebakaran hutan yang semakin meningkat dan mendukung pemulihan sistem sosial dan lingkungan,” kata Mike Schoellhorn, CEO Airbus Defense and Space.

Solusi pemadam kebakaran Airbus yang dibuat untuk A400M adalah kit roll-on/roll-off (RORO) yang tidak memerlukan modifikasi pada pesawat dan dapat dipertukarkan dengan pesawat apa pun di armada A400M.

Air disimpan dalam tangki tetap di ruang kargo dengan menggunakan dua pintu independen. Pintu-pintu ini terhubung ke dua pipa banjir, sehingga ketika debit dipicu, air dikeluarkan melalui dua bagian di ujung jalan. Pengenalan solusi RORO ini memungkinkan reaksi cepat terhadap kebakaran tak terduga dan konfigurasi ulang pesawat ke peran/misi lainnya.

Baca juga: Tekever AR4 – Drone Intai Taktis Portugal Bantu Monitor Kebakaran Hutan di Indonesia

Karena kemampuan terbangnya yang rendah dan kemampuan manuvernya pada kecepatan rendah, A400M dapat secara akurat menjatuhkan muatan air pada ketinggian yang sangat rendah, hingga 45 meter. Selanjutnya, ADS akan menganalisis penggunaan firefighting demonstrator kit pada kondisi malam hari. (Bayu Pamungkas)



Source link