AL Rusia Resmi Operasikan Kapal Selam Nuklir Belgorod, Bawa Enam Torpedo Nuklir Poseidon

AL Rusia Resmi Operasikan Kapal Selam Nuklir Belgorod, Bawa Enam Torpedo Nuklir Poseidon

Setelah memulai pelayaran perdana dalam fase sea trial pada 25 Juni 2021, maka Angkatan Laut Rusia kini telah mengumumkan operasional penuh kapal selam bertenaga nuklir terbesar Belgorod. Operasionalnya Belgorod merupakan berita besar dalam jagad persenjataan strategis global, pasalnya Belgorod adalah pembawa torpedo/drone bertenaga nuklir Poseidon, yang keberadaanya menjadi misteri dan ketakutan tersendiri di kalangan Barat.

Baca juga: Bawa Enam Torpedo ‘Maut’ Poseidon, Kapal Selam Nuklir Terbesar “Belgorod” Memulai Uji Pelayaran

Dikutip dari TheDrive.com, K-329 Belgorod yang merupakan kapal selam terpanjang di dunia, diserahkan ke Angkatan Laut Rusia dalam sebuah upacara di galangan kapal Sevmash di Severodvisnk, hari Jumat lalu (8/7/2022). Belgorod disebut oleh Rusia sebagai kapal “penelitian” yang mampu melakukan ekspedisi ilmiah yang beragam dan operasi penyelamatan di daerah paling terpencil di seluruh samudra.

Belgorod, pada kenyataan adalah sistem senjata bawah laut yang dapat memberikan serangan yang menghancurkan aset strategis, dan melayani sebagai ‘kapal induk’ untuk sejumlah platform bawah laut. Belgorod punya panjang 178 meter dan disokong dua pembangkit listrik tenaga nuklir OK-650V yang masing-masing mampu menyediakan tenaga 190 megawatt. Menurut GlobalSecurity.org, bobot Belgorod saat di permukaan ditaksir mencapai 19.000 ton dan saat menyelam 24.000 ton.

Masih dari sumber yang sama, dikatakan Belgorod akan menjadi kapal pertama Rusia yang dipersenjatai dengan 2M39 Status-6 atau torpedo antarbenua “Poseidon” yang bertenaga nuklir. Poseidon mampu menyelam di laut dalam, plus kemampuan jelajah super jauh (10.000 km). Dalam hal ukuran, Poseidon punya dimensi sekitar 20 kali lebih besar dari torpedo normal.

Diperkirakan dalam sekali berlayar Belgorod dapat membawa enam unit Poseidon. Belgorod juga dirancang untuk membawa kapal selam khusus berukuran mini untuk penyelaman laut dalam, seperti “Losharik”, serta peralatan untuk pekerjaan militer rahasia di dasar laut, yang dipercaya oleh pengamat militer global sebagai kegiatan sabotase dan pengintaian, seperti upaya mengganggu jaringan kabel optik di laut lepas.

Torpedo/drone Poseidon.

Baca juga: Torpedo Poseidon – Berhulu Ledak Nuklir dan Bisa Menjelajah Hingga 10.000 Kilometer!

Belgorod dipercaya akan digunakan guna mendukung dalam penggelaran Harmony, yaitu special robotized underwater modules yang dilepaskan dari kapal selam secara senyap, dan akan ‘berdiam’ di dasar lautan. Peran Harmony persisnya menjalankan powerful hydro acoustic stations yang ‘menguping’ segala bentuk pergerakan di atasnya. Tebaran modul Harmony ini nantinya akan mengirimkan informasi ke pusat kendali lewat media satelit yang menggunakan pelampung khusus yang melekat padanya. (Bayu Pamungkas)



Source link