AL Turki Tuntaskan Uji Coba Laut atas Meriam Kapal MKE 76mm

AL Turki Tuntaskan Uji Coba Laut atas Meriam Kapal MKE 76mm

Ada kabar terbaru dari Negeri Ottoman, dimana Angkatan Laut Turki berhasil menuntaskan uji coba laut atas meriam kapal MKE 76 mm. Perusahaan milik negara Turki MKE (Makine Kimya Endüstrisi) telah menyelesaikan uji coba laut dari meriam Naval Gun 76 mm yang dikembangkan di dalam negeri di atas korvet Burak Class (D’Estienne d’Orves-class aviso) TCG Beykoz (F-503).

Baca juga: Mirip OTO Melara, Turki Produksi Meriam Kapal Kaliber 76mm

Dikembangkan oleh MKE Turki (dan 3 perusahaan subkontraktor) serta Istanbul Naval Shipyard, Naval Gun 76/62 mm yang desainnya mirip dengan OTO Melara 76 mm SR (Super Rapid) Gun telah berhasil melewati uji coba di pelabuhan dan laut.

Sekarang setelah tes kualifikasi dituntaskan, tidak ada yang menghalangi keputusan untuk memproduksi secara massal meriam kapal setara OTO Melara Italia. Banyak kapal angkatan laut Angkatan Laut Turki (frigat Gabya Class, semua FAC, korvet Milgem Class, dll.) dipersenjatai dengan senjata 76 mm. Meriam ini akan dipasang di kapal perang yang dilengkapi dengan combat management systems (GENESIS/ADVENT).

Kabarnya, ada 32 unit kapal perang yang akan dipasangi meriam karya anak bangsa ini. Oleh karena itu, produksi senjata ini di dalam negeri merupakan langkah penting bagi kemandirian industri pertahanan Turki.

Proyek meriam MKE 76 mm dimulai pada tahun 2020, dan pertama kali diperlihatkan ke publik pada pamertan pertahanan IDEF 2021 Istanbul pada Agustus 2021.

Dari spesifikasi, meriam MKE 76 mm Naval Gun Turki punya jarak tembak hingga 16 Km dengan munisi standar. Sedangkan bila menggunakan extended range ammunition, jarak tembak meriam bisa mencapai 20 Km.

Mengusung kaliber 76 mm, panjang larasnya mencapai 4,7 meter. Kecepatan tembak meriam ini 80 proyektil per menit, sementara kapasitas magasin di bawah dudukan tersedia 70 munisi. Meriam dengan pendingin air untuk larasnya ini punya berat kosong 7,5 ton dan berat penuh dengan munisi 8,5 ton.

Baca juga: Meriam Kapal (Cina) H/PJ26 76mm – Lawan Tanding Meriam (Barat) OTO Melara 76mm

Meriam ini punya sudut elevasi laras -15 sampai 85 derajat. Horizontal Speed/Acceleration kubah meriam ini disebut mencapai 60-65°/s / 72°/s² dan Vertical Speed/Acceleration – 35-40°/s / 72°/s². (Gilang Perdana)



Source link