Anda Takut Turbulensi? Ini Tips Terhindar dari Rasa Cemas di Dalam Pesawat

JAKARTA, RagamNews.com – Banyak yang khawatir saat terjadi turbulensi di atas ketinggian dalam pesawat terbang. Bahkan ada juga yang takut terbang saat cuaca sedang bergejolak.

Searing pilot dengan nama Kenjrot, di akun Instagramnya membagikan tips mengatasi rasa takut saat berada di dalam pesawat dan juga menghindari kecemasan selama perjalanan di udara.

Tips yang bisa kamu ikuti di antara adalah, pilih penerbangan pagi dimana aktifitas cuaca masih sangat rendah.

– Istirahat yang cukup

–  Usahakan sarapan/makan dulu sebelum terbang, jangan biarkan perut kosong. Makan dan minum juga jangan terlalu banyak karena ketika mengudara, udara di dalam lambung akan mengembang karena perbedaan tekanan. Efek ini yang suka membuat kita ingin sendawa, buang angin, atau sampai mual.

Tanamkan dalam pikiran, pesawat sudah didesain sedemikian rupa sehingga dapat menahan beban dan perlakuan yang luar biasa dari pergolakan cuaca ataupun turbulensi.

Tanamkan dalam pikiran, kalau awak pesawat sudah dilatih dan teruji mampu untuk menghadapi situasi apapun dalam penerbangan. Selalu ikuti instruksi awak pesawat selama berada di dalam pesawat.

Rileks, dengarkan musik atau hal yang dapat membuat tenang termasuk lantunan ayat suci dengan menggunakan headset pribadi.

Untuk mencegah mabuk udara, lihat pemandangan ke luar jendela atau lihat suatu titik yang cukup jauh di dalam kabin. Hindari membaca buku atau menatap layar dalam waktu lama ketika pesawat sedang bermanuver atau ketika turbulensi.

Sementara mengatasi agar tidak ketinggalan pesawsat, kamu dapatt mengkuti cara ini
:
Jika masih jauh dari bandara tapi waktu keberangkatan sudah mepet dan ga akan kekejar, hubungi call center maskapai. Bilang nanti akan telat dan kemungkinan ga bisa ikut penerbangan itu. Minta opsi reskejul ke penerbangan berikutnya. Kalo penuh, bisa minta waiting list. Kalo udah di bandara, langsung ke customer service maskapai. Sampaikan langsung permintaan opsi kayak yang ke call center tadi. Tergantung syarat dan ketentuan, proses ini biasanya dikenakan biaya tambahan.

Kalau sudah mepet batas waktu check-in tapi masih antri, cari petugas maskapai terdekat, trus bilang kalo harus segera check-in karena mepet dengan batas akhir. Biasanya petugas check-in juga berteriak memanggil penumpang tujuan tertentu untuk segera check-in dan kadang dikasi langsung melewati antrian.

Sekiranya sudah check-in trus udah mulai boarding tapi posisi masih jauh, buruan ke ruang tunggu. Jika masih harus lewat pemeriksaan xray ke dua, bilang ke petugas kalo penerbangannya sudah boarding dan berpotensi ditinggal dengan nunjukin boarding pass dan kartu identitas.

Jika sudah lewat pemeriksaan xray, dan ruang tunggu masih jauh, trus sudah pengumuman panggilan terakhir atau sudah disebut nama, cepat lari dan cari petugas maskapai terdekat sambil menuju ruang tunggu, bilang kalau penumpang yang dimaksud di panggilan terakhir itu adalah kita sambil tunjukin boarding pass dan kartu identitas.

Tidak perlu marah-marah atau kesel atau menangis kalau memang endingnya tetep ketinggalan. Tarik napas, tenang, trus obrolin sama petugas maskapai. Akan selalu ada opsi kok, karena maskapai sendiri akan membantu penumpang semaksimal mungkin untuk terangkut semua dan tiba di tujuan tanpa ada satu kurang apapun.

Yang paling penting : Persiapkan dan datang lebih awal! Untuk yang dari luar kota, bisa menginap di hotel bandara satu malam sebelumnya, biar lebih santai dan gak buru-buru.