Antisipasi Macet, Polri Siapkan 400 Bus Mudik Gratis – detikNews

Kepolisian Republik Indonesia menyiapkan 400 bus untuk mudik gratis. Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan akan ada sekitar 20 ribu kursi yang tersedia.
“Ini juga bisa dimanfaatkan oleh rekan-rekan kurang lebih ada 400 bus yang disiapkan, kurang-lebih 20 ribu kursi yang kita siapkan, silakan jika memang ini bisa digunakan,” kata Sigit di Lapangan Banteng, Jakpus, Senin (25/4/2022).
Mudik gratis tersebut akan dilakukan pada 27, 28, dan 29 April 2022. Sigit mengatakan program ini menjadi salah satu cara untuk mengantisipasi kemacetan.
“Kita juga akan laksanakan mudik gratis bersama dengan rekan-rekan mahasiswa, nanti di tanggal 27, 28, 29 di Gelora Bung Karno,” katanya.
“Ini juga untuk mengatur beban arus mudik bisa dikurangi, terima kasih atas inisiatif kerja sama kita selama ini,” lanjutnya.
Lebih lanjut, Sigit mengimbau masyarakat dalam melaksanakan mudik tetap menjaga protokol kesehatan (prokes). Dia berharap, dengan kegiatan mudik, laju COVID-19 tidak mengalami lonjakan.
“Kalau ini tidak dikelola dengan baik akan menimbulkan kemacetan luar biasa, di sisi lain jika kita tidak menjaga prokes, maka pengalaman dari tahun-tahun sebelumnya laju COVID akan kembali meningkat, sehingga tentunya ini yang harus selalu kita ingatkan untuk tetap jaga prokes,” katanya.
Sigit mengatakan pihaknya membuka gerai-gerai vaksin di seluruh titik pos yang disiapkan. Menurutnya, para pemudik yang telah melaksanakan vaksinasi akan memiliki kekebalan tubuh yang tinggi.
“Masyrakat yang belum booster segera booster, kita yakin masyarakat mudik baik yang pulang atau yang jadi tujuan mudik semuanya dalam keadaan terjaga imunitasnya tinggi sehingga laju COVID bisa kita jaga,” tuturnya.

source