Beijing Pecahkan Rekor, Pawai 68 Pesawat Militer dan 13 Kapal Perang Melintasi Selat Taiwan dalam Satu Hari

Beijing Pecahkan Rekor, Pawai 68 Pesawat Militer dan 13 Kapal Perang Melintasi Selat Taiwan dalam Satu Hari

Beijing benar-benar murka atas kunjungan Ketua DPR Amerika Serikat, Nancy Pelosi ke Taiwan pada 2 Agustus lalu. Selain menggelar latihan perang di enam zona yang ‘mengepung’ wilayah Taiwan, militer Cina juga telah meluncurkan rudal balistik hipersonik DF (Dongfeng)-17 yang melintasi Pulau Formosa. Tidak cuma itu saja, militer Cina pada Jumat, 5 Agustus 2022, memecahkan rekor dengan menerbangkan pesawat militer dalam jumlah terbesar melintasi Zona Identifikasi Pertahanan Udara (ADIZ) di Selat Taiwan.

Baca juga: Cina Luncurkan Rudal Balistik Hipersonik DF-17 Langsung ke Arah Taiwan

Dikutip dari Taiwannews.com (5/8/2022), disebutkan pada 5 Agustus lalu ada 68 pesawat militer Cina yang melintasi ADIZ Taiwan dalam satu hari. Ada 49 unit pesawat yang terdeteksi di timur garis tengah Selat Taiwan, antara lain 7 unit Chengdu J-10, 6 unit Shenyang J-11, 10 unit Shenyang J-16 dan 24 unit Sukhoi Su-30. Sementara di luar jet tempur, terdeteksi dua unit pesawat intai maritim/anti kapal selam Shaanxi Y-8. Dari jumlah tersebut, enam jet tempur J-11 dan 24 pesawat Su-30 langsung melintasi garis tengah.

Kementerian Pertahanan Nasional Taiwan juga mengumumkan bahwa ada 13 kapal perang Angkatan Laut Cina yang berlayar di ADIZ Taiwan. “Selain itu, banyak dari pesawat dan kapal ini melintasi garis tengah dan “sangat memperburuk situasi saat ini di Selat Taiwan,” bunyi pernyataan Kemhan Taiwan.

Tak ingin terpancing provokasi militer Cina, Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan angkatan bersenjata mereke menggunakan metode intelijen, pengawasan, dan pengintaian bersama untuk sepenuhnya menyadari dinamika di laut dan di udara. Selain menyiarkan peringatan untuk meninggalkan ADIZ Taiwan, militer Taiwan menggunakan pengintaian udara, patroli udara tempur, kapal angkatan laut, dan menyiagakan sistem rudal berbasis pantai sebagai tanggapan.

Ke-68 pesawat militer Cina yang melanggar ADIZ Taiwan adalah rekor baru sepanjang masa untuk pesawat militer Cina yang paling banyak terlihat di zona itu dalam satu hari. Rekor satu hari sebelumnya adalah 56 pesawat militer, yang terjadi pada 4 Oktober 2021.

Baca juga: Taiwan Kerahkan Albatross, Drone Intai Peronda Laut Cina Selatan

Sejak 1955, telah ada kesepakatan diam-diam antara Cina Daratan dan Taiwan untuk tidak melewati garis tengah (median line), yang juga dikenal sebagai Davis Line. Namun, pada 21 September 2020, Beijing secara sepihak membantah adanya garis tengah di Selat Taiwan. Pada musim gugur tahun 2020, pesawat AU Cina beberapa kali melintasi garis tengah dan memasuki ADIZ Taiwan. (Bayu Pamungkas)



Source link