Bela Operasi Militer Rusia, Atlet Renang Evgeny Rylov Kena Blacklist FINA – Dunia Tempo

atau cari berdasarkan hari
Reaksi atlet renang Rusia, Evgeny Rylov, setelah memenangkan medali emas nomor gaya punggung 100 meter putra Olimpiade Tokyo 2020 di Tokyo Aquatics Center, Tokyo, Jepang, 27 Juli 2021. Foto: Antara
TEMPO.CO, Jakarta – Badan dunia yang mengatur olahraga renang, FINA, pada Jumat, 22 April 2022, mengkonfimasi telah melarang Evgeny Rylov untuk bertanding selama 9 bulan setelah dia kedapatan menghadapi sebuah aksi turun ke jalan mendukung kampanye militer Rusia ke Ukraina. Keputusan FINA itu membuat Kremlin marah.
Rylov adalah atlet renang asal Rusia yang pernah mendapatkan medali emas di Olimpiade Tokyo 2020. Dia memenangkan pertandingan renang 100 meter dan 200 meter gaya punggung.
Rylov adalah satu dari beberapa atlet asal Rusia yang mengikuti sebuah aksi besar-besaran di stadion Luzhniki, Ibu Kota Moskow pada bulan lalu. Kampanye itu dihadiri oleh Presiden Rusia Vladimir Putin.
Rylov dan beberapa atlet lainnya, kompak menggunakan pakaian berlogo Z, yakni sebuah simbol untuk menyebut operasi militer khusus di Ukraina.
“Pembekuan ini menyusul kehadiran Mr. Rylov dan tindakannya di sebuah acara yang digelar di stadion Luzhniki, Moskow,” demikian keterangan FINA.
Sebelumnya, Rylov juga sudah kehilangan sponsorship dari prodsen pakaian renang Speedo akibat kehadirannya di acara kampanye itu. Rylov mengatakan kepada surat kabar Sport Express bahwa pengacaranya sudah mengevaluasi kasus ini, namun masih belum diputuskan apakah mereka akan mengajukan banding ke FINA.
      
Sedangkan Kremlin mengatakan keputusan FINA memperlihatkan adanya politisasi di dunia olahraga.
“Kami sangat yakin, ini jelas sangat bertolak belakang dengan gagas soal olahraga. Ketika kompetitor terkuat kehilangan kesempatan untuk berpartisipasi, ini pada akhirnya merugikan sejumlah federasi dan kompetisi internasional,” kata Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov.   
FINA sebelumnya sudah membatalkan semua acara yang akan diselenggarakan di Rusia. Lembaga itu juga sudah melarang atlet dari Rusia dan Belarus serta para krew-nya, ambil bagian di kompetisi-kompetisi yang diselenggarakan FINA hingga akhir tahun ini.
     
Sumber: Reuters
Baca juga: Rusia Buat Acara di Lapangan Merah buat Peraih Medali Olimpiade Tokyo 
Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu.  
 
 
Dapatkan ringkasan berita eksklusif dan mendalam sesuai dengan topik pilihan Anda dengan membaca newsletter pilihan Tempo
Pilih Topik
Polri akan menggelar Operasi Ketupat selama libur lebaran sekaligus menyiapkan posko pendukung dan melakukan pengamanan pada sejumlah objek.
Tempo Media Group © 2017

source