Binter Di Daerah Operasi, Yon Armed 5/105 Tarik/PG Sosialisasikan Kesehatan – PORTAL KOMANDO

Portal Komando Jabar,-Kaltara, Satgas Pamtas Yon Armed 5/105 Tarik/PG sosialisasikan kesehatan dan pendidikan seks kepada siswa SMAN 1 di Malinau.

Hal ini disampaikan Kapendam III/Slw Kolonel Inf Arie Tri Hedhianto saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Minggu (28/8/2022).

Lanjutnya mengatakan, dengan materi Bantuan Hidup Dasar (BHD) serta pendidikan seks untuk mencegah seks bebas dan infeksi menular seksual (IMS) di kalangan remaja, Satgas Pamtas Yon armed 5/105 Tarik/PG bekerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Malinau

Saat dikonfirmasi, Dansatgas Mayor Arm Yan Octa Rombenanta mengatakan BHD adalah pertolongan pertama yang dilakukan pada korban henti jantung atau henti napas sebelum ditangani oleh tenaga medis atau rumah sakit. Sosialisasi kesehatan ini dilaksanakan sebagai bentuk menumbuhkan kepedulian anak-anak remaja terhadap kasus cidera saat kecelakaan, sehingga penting diberikan materi kesehatan lapangan yaitu BHD.

Selain itu, sebanyak 200 siswa kelas XI SMAN 1 Malinau menghadiri sosialisasi materi BHD yang disampaikan oleh dokter Satgas Pamtas Letda Ckm dr. Yudia Kuntara sementara materi pendidikan seks disampaikan oleh dr. Alfonsius Rapa dari Dinkes Malinau.

Lipang Pari selaku Kepala Sekolah SMAN 1 Malinau sangat mengapresiasi terhadap kegiatan sosialisasi kesehatan yang diberikan oleh Satgas Pamtas Yon Armed 5 dan Dinkes Malinau. Harapnya dengan adanya kegiatan sosialisasi ini siswa akan mengerti tentang kesehatan dan cara menjaga kesehatan serta penanganan apabila terjadi hal – hal yang tidak diinginkan dalam kesehatan.

“Siswa yang sudah menerima sosialisasi akan membagikan ilmu yang didapat kepada siswa lainnya, dan meminta agar Satgas Pamtas kembali melaksanakan sosialisasi materi khusus terkait penerimaan anggota TNI kepada kelas XII,” tambahnya.

Kapendam menambahkan, seusai kegiatan sosialisasi, Pasiter Satgas Pamtas Letda Arm Erwan S memberikan plakat kepada Kepala Sekolah SMAN 1 Malinau sebagai tanda ucapan terima kasih pada pihak sekolah telah membantu dalam pelaksanaan kegiatan sehingga kegiatan dapat berjalan dengan baik.

( Wandha MPK / Pendam III/Siliwangi )

Source link