Boeing C-40C “SPAR 19” Nancy Pelosi Beraksi di Taiwan, Beijing Siap Tempur

Boeing C-40C "SPAR 19" Nancy Pelosi Beraksi di Taiwan, Beijing Siap Tempur

Pergerakan SPAR 19 sontak menjadi ‘pesawat’ yang paling banyak diperhatikan netizen dalam beberapa jam lalu. Pasalnya pesawat yang membawa Ketua DPR Amerika Serikat, Nancy Pelosi, telah membuat amarah Beijing membara, yakni dengan nekad dengan mengunjungi Taiwan, persisnya politisi berusia 82 tahun itu telah mendarat dengan SPAR 19 pada Selasa tengah malam (2/8/2022) di di Bandara Sungshan di Taipei.

Baca juga: Lawan Provokasi Jet Tempur Cina, Washington Terbangkan C-40A Clipper Melintasi Taiwan

Misi Pelosi yang mendukung kemerdekaan Taiwan, sedari awal telah membetot perhatian dunia, lantaran aksi Pelosi dipastikan akan menancing reaksi keras dari Cina Daratan. SPAR 19 sebelum mendarat di Taiwan, bertolak dari Kuala Lumpur, lalu melintasi ruang udara Indonesia di kawasan kalimantan, kemudian berbelok ke utara (Filipina). Dari Filipina, kabarnya SPAR 19 mulai mendapat pengawalan dari jet tempur AL AS.

Aksi Pelosi dengan SPAR 19 pada Selasa lalu dipantau oleh hampir 300.000 pengguna di situs FlightRadar24. Seperti sudah ditebak, aksi Pelosi langsung dijawab Cina dengan pemberlakuan operasi militer di kawasan Selat Taiwan, beberapa jet tempur AU Cina diwartakan telah terbang mendekat Pulau Formosa.

SPAR 19 tak lain adalah callsign dalam penerbangan, sementara pesawat yang digunakan adalah Boeing C-40C Clipper dengan nomer 09-0540 yang dioperasikan Angkatan Udara AS. Dengan livery biru putih khas “Air Force One” menjadikan pesawat narrow body ini tampil laksana pesawat mini kepresidenan.

Boeing C-40C Clipper tak lain adalah versi militer dari Boeing 737-700 Business Jet. Dari segi tampilan, C-40 malah tak menyiratkan bahwa ini sebuah pesawat militer. ‘Resminya’ pesawat ini digunakan untuk keperluan angkut penumpang dan kargo. AL AS menggunakan varian C-40A Clipper, sementara AU AS menggunakan varian C-40B/C. Sejauh ini AL AS mengoperasikan setidaknya 15 unit C-40A dan AU AS mengoperasikan 7 unit C-40C.

Baca juga: Beechcraft 390 Premier I: Pesawat Jet VIP Puspenerbad TNI AD

Boeing C-40 Clipper diawaki oleh 6 orang, terdiri dari dua pilot, satu ‘crew chief’, satu ‘loadmaster’ dan dua ‘second loadmasters. Kapasitas angkutnya, untuk konfigurasi penumpang (122 orang); untuk kargo 8 palet; atau kombinasi 3 palet dengan 70 penumpang. Total payload yang bisa dibawa mencapai 18,1 ton. (Gilang Perdana)



Source link