Bongkar Isi Drone Milik Pasukan Militer Rusia, Ternyata Gak Canggih dan Terlihat 'Murahan'! – Sonora.ID


Sonora.ID – Seorang tentara Ukraina menemukan sebuah drone dan membongkar isi dari drone yang merupakan milik pasukan militer Rusia yang jatuh di daratan Ukraina.
Dalam drone tersebut ditemukan sebuah kamera DSLR bermerek Canon.
Penemuan drone tersebut disampaikan melalui video YouTube Army Inform milik salah seorang tentara asal Ukraina tersebut.
Akun YouTubennya itu memang biasa digunakan untuk menyebarkan berbagai informasi tentang Kementerian Pertahanan Ukraina.
Dalam video itu, tentara tersebut mengatakan bahwa kamera yang ditemukan dalam drone mata-mata bernama Orlan-10 itu adalah tipe Canon EOS Rebel T6i (750D).
Baca Juga: Selain Rusia-Ukraina, 5 Konflik Negara Ini Berpotensi Memicu Perang Dunia! Ada Indonesia dan Tetangga?
Kamera ini merupakan kamera DSLR entry-level keluaran 2015 yang kini dijual dengan kisaran harga 300 dolar AS (sekitar Rp 4,3 jutaan).
Kamera tersebut diselipkan ke dalam drone hanya dengan peralatan seadanya, alih-alih dengan alat atau aksesori pendukung canggih.

Ilustrasi kamera Canon EOS 750D yang ditopang dalam sebuah pelat yang sudah dirancang sedemikian rupa.(YouTube.com/ArmyInform)

Bahkan, tentara Ukraina yang membongkar drone Orlan-10 tersebut menyebut bahwa desain dan teknik perakitan drone itu mengingatkannya pada “proyek mainan” pesawat remote control (RC) yang biasa digeluti pehobi.

source