Buat Kejutan, Djibouti Pamerkan Drone Tempur Bayraktar TB2 dalam Parade Militer

Buat Kejutan, Djibouti Pamerkan Drone Tempur Bayraktar TB2 dalam Parade Militer

Djibouti, negeri di Afrika Timur yang dikenal ketempatan pangkalan militer Cina, belum lama ini menggelar perayaan HUT Kemerdekan ke-45 pada 27 Juni 2022. Dalam perayaan tersebut, turut dimeriahkan dengan parade dan defile alutsista. Dan yang menarik perhatian publik, baru diketahui bahwa Djibouti telah kedatangan aset tempur terbaru, yakni drone kombatan (UCAV) produksi Turki, Bayraktar TB2.

Baca juga: Hadapi Drone Bayraktar TB2, Korvet Stealth Vasiliy Bykov Class Dipasangi Rudal Hanud Tor-M2

Dikutip dari Janes.com, disebutkan ada dua unit Bayraktar TB2 yang dipamerkan dengan diangkut truk flatbed. Bukan tampil kosongan, salah satu Bayraktar TB2 dengan logo Angkatan Udara Djibouti (Force Aerienne du Djibouti) pada sayapnya sudah tercantel dua amunisi pintar Roketsan MAM-L.

Sebagai drone kombatan, Bayraktar TB2 dapat membawa berbagai persenjataan untuk serangan ke permukaan, seperti munisi MAM, MAM-L dan rudal UMTAS. Dari spesifikasi, Bayraktar TB2 punya lebar bentang sayap 15 meter dan bobot maksimum saat tinggal landas 650 kg.

Meskipun pengadaan/penjualan dan pengiriman Bayraktar TB2 belum diumumkan baik oleh Pemerintah Djibouti atau Turki, bahkan hadirnya Bayraktar TB2 tidak muncul dalam citra satelit di Bandara Internasional Djibouti–Ambouli (satu-satunya basis operasi untuk AU Djibouti), namun pelacakan online penerbangan mencatat bahwa sebuah pesawat kargo angkat berat Ilyushin Il-76 beroperasi antara kedua negara pada awal Juni, yang mana diduga membawa kargo berupa drone Bayraktar TB2.

Bayraktar TB2 dikendalikan lewat Ground Control Station (GCS) dengan standar NATO ACE-III mobile shelter unit. Modul ini mengintegrasikan pilot, operator payload, dan konsol eksploitasi lewat citra video. Satu sistem Bayraktar TB2 terdiri dari enam drone, dua unit GCS, tiga unit ground data terminals (GDT), dua unit remote video terminals (RVT) dan ground support equipment.

Bayraktar TB2 dibekali triple redundant avionics system dan avionik suite onboard yang meliputi encompasses units, including microcontroller, engine control, servo motor power control, engine signal processing, I/O dan GPS receiver units. Bayraktar TB2 dapat membawa payload 55kg. Konfigurasi muatan standar mencakup modul kamera elektro-optik (EO), modul kamera inframerah (IR), pemandu laser, laser range finder (LRF) dan laser pointer.

Baca juga: Kuzgun Modular Joint Ammunition – Senjata Anyar untuk Drone Tempur Bayraktar TB2

Sejatinya ada kesamaan antara Djibouti dan Ukraina, yakni sama-sama memperlihatkan kehadiran Bayraktar TB2 lewat parade militer. untuk pertama kalinya, Ukraina memperlihatkan Bayraktar TB2 dalam ajang parade militer yang digelar untuk memperingati HUT ke30 Kemerdekaan Ukraina pada 24 Agustus 2021, saat itu Bayraktar TB2 diangkut di atas truk trailer. (Gilang Perdana)



Source link