Buruh Keukeuh Pakai JIS untuk Perayaan May Day

JAKARTA, RagamNews.com – Sebanyak 100.000 buruh bersikeras memakai Jakarta International Stadium (JIS) untuk perayaan May Day atau Hari Buruh Internasional yang biasa jatuh pada 1 Mei. Kedatangan buruh ke sana pada 14 Mei nanti, bukan untuk aksi, tetapi mendeklarasikan perjuangan mereka di Tanah Air.

Hal itu diungkapkan Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal guna menanggapi beberapa pihak yang menolak JIS digunakan untuk kegiatan buruh.

“Kepada Wagub dan anggota DPRD dari dua fraksi (Partai Gerindra dan PKS) yang sudah berbicara di media menolak penggunaan JIS oleh buruh, saya ingin jelaskan bahwa JIS digunakan buruh sebagai tempat perayaan atau festival memperingati May Day,” kata Iqbal berdasarkan keterangan tertulisnya pada Senin (25/4/2022).

Iqbal mengatakan, buruh akan menggelar aksi di DPR RI pada 14 Mei di DPR RI. Setelah aksi, mereka mengadakan perayaan May Day di JIS.

Iqbal lalu menyindir anggota DPRD DKI Gerindra dan PKS yang menolak penggunaan JIS untuk perayaan May Day karena kurangnya informasi dan kurang pergaulan. Selain pertandingan sepak bola, kata dia, stadion bisa digunakan sebagai lokasi konser musik, festival maupun pertemuan akbar yang lain.

“Kalau bahasa anak mudanya itu kuper (kurang pergaulan). Jadi, bukan sebagai tempat aksi tapi peringatan May Day,” ujar Iqbal.

Dia menyatakan, KSPI siap membayar sewa ataupun retribusi penggunaan JIS. Bahkan Iqbal berani membayar duit jaminan, jika ada kerusakan stadion usai digunakan buruh.

“Kami tidak bermaksud menggunakan JIS secara gratis. Dari mana Partai Buruh dan organ serikat buruh punya uang? Kami iuran dan itu sudah biasa kami membayar setiap kegiatan serikat dari iuran. Kenapa kebakaran jenggot?,” imbuhnya.

“Kok ketakutan. Kok sensitif dengan kegiatan buruh. Jangan-janganb khawatir DKI akan menjadi kemenangannya partai buruh,” lanjutnya.

Menurutnya, konstituen Partai Buruh memang para pekerja dan Jakarta merupakan basis buruh. Selain itu, para buruh merupakan kaum urban karena berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

“Jakarta memang basis buruh, muskin kota dan kaum urban yang menjadi basis konstituen kaum buruh. Apa karena itu mereka ketakutan Partai Buruh akan memang di DKI Jakarta?,” ucapnya.

Seperti diketahui, ratusan ribu buruh berencana ingin memakai Jakarta International Stadium (JIS), Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara untuk mendeklarasikan perjuangan mereka pada 14 Mei 2022 mendatang. Pimpinan DPRD DKI Jakarta mengingatkan, ada tata cara penggunaan JIS untuk masyarakat umum.

“Semestinya ada tata cara menggunakan JIS, bulan Mei kan JIS belum diresmikan. Sebelum diresmikan, saya rasa nggak ya, kalau sudah diresmikan kan biasanya ada tata caranya nanti,” kata Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta dari Fraksi Gerindra Mohamad Taufik pada Jumat (22/4/2022).

Menurut Taufik, kegiatan acara deklarasi sebetulnya dilakukan di mana saja, selain di JIS. Masalahnya, kata dia, penggunaan JIS bagi masyarakat umum belum tentu sudah diizinkan karena pertimbangannya proyek pembangunan stadion belum rampung 100 persen, terutama adanya pembersihan di bagian luar stadion.