Catat! 6 Tips Bermanfaat Sebelum Berkunjung ke Desa Baduy

Pengumuman! Festival budaya tahunan Seba Baduy 2022 kembali digelar. Sebelum itu, SobiPegi sudah tahu belum apa itu Festival Seba Baduy? Jika belum tahu, sini Pegipegi jelaskan tipis-tipis. Festival Seba Baduy merupakan upacara adat tahunan yang diselenggarakan oleh suku Baduy dalam dan luar, sebagai rasa syukur kepada Sang Pencipta atas limpahan hasil bumi. Festival Seba Baduy 2022 akan dilaksanakan pada tanggal 11-15 Mei 2022. Nah, bagi kamu yang tertarik menghadiri, yuk, simak tips bermanfaat, baik sebelum atau saat berwisata ke Desa Baduy yang Pegipegi rangkum dari berbagai sumber. 

1. Wajib Patuhi Aturan

Ilustrasi, sumber: Joshua Miranda dari Pexels

Seperti kata pepatah, “di mana bumi berpijak, di situlah langit dijunjung”. Yang artinya, sebagai wisatawan kita sepatutnya menghormati dan mengikuti adat istiadat yang berlaku di daerah tersebut. Sama halnya ketika SobiPegi berkunjung ke Desa Baduy. Masyarakat Baduy dikenal selalu memegang teguh adat istiadat dan aturan. Oleh karena itu, kamu perlu menaati beberapa aturan penting tersebut. Yang pertama, jika mandi di sungai dilarang menggunakan sampo, sabun, dan pasta gigi. Karena sungai merupakan sumber kehidupan bagi masyarakat sekitar sehingga nggak boleh tercemar oleh bahan kimia. Kedua, jangan membuang sampah sembarangan. Khusus wanita, jika membawa pembalut, pembalut wajib dibersihkan dan dibawa pulang untuk dibuang. Ketiga, minta izin kepada masyarakat sekitar jika ingin mendokumentasikan sesuatu. Terakhir, dilarang keras mencabut atau mengambil tanaman baik itu di dalam wilayah desa atau saat keluar. Juga, kamu nggak diperbolehkan memasuki hutan lindung atau hutan tutupan.

2. Bawa Bekal Sendiri

tips berkunjung ke desa baduy
Ilustrasi, sumber: ANTONI SHKRABA dari Pexels

Fyi, di Desa Baduy nggak ada warung penjual makanan atau toko kelontong. Oleh karena itu, kamu sangat disarankan untuk membawa bekal sendiri. Umumnya, masyarakat Baduy membeli bahan pangan di Ciboleger -desa terakhir sebelum masuk ke desa suku Baduy Luar-. Jika SobiPegi memutuskan untuk menginap di sana (di rumah penduduk), kamu bisa membawa beras, sayur, lauk-pauk, dan air minum yang banyak karena masyarakat Baduy terbiasa mengambil air sungai. 

3. Siapkan Perlengkapan dan Stamina Prima

tips berkunjung ke desa baduy
Ilustrasi, sumber: Alice Donovan Rouse dari Unsplash

Sesampainya di gerbang masuk Desa Baduy, SobiPegi masih perlu berjalan kaki sekitar 4-5 jam untuk mencapai kampung-kampung adat dalam. Karena harus menempuh perjalanan yang cukup jauh, kamu sangat disarankan untuk memiliki stamina yang fit. Nggak lupa, siapkan sepatu trekking, jaket, ransel, jas hujan, dan senter, karena di malam hari nggak ada penerangan sama sekali di desa ini.

4. Rute Menuju Desa Baduy

tips berkunjung ke desa baduy
Ilustrasi, sumber: Tamas Tuzes-Katai dari Unsplash

Dari pusat Kota Jakarta, SobiPegi perlu menempuh jarak sekitar 160 kilometer atau 5 jam menuju Desa Baduy. Desa Baduy sendiri berlokasi di Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Banten. Kamu bisa naik kereta dari Stasiun Tanah Abang ke Rangkasbitung. Sesampainya di Rangkasbitung, kamu perlu lanjut naik transportasi umum menuju ke Ciboleger -pintu gerbang dari Desa Baduy-.

5. Lapor Terlebih Dahulu Sebelum Masuk

tips berkunjung ke desa baduy
Ilustrasi, sumber: Mikhail Nilov dari Pexels

Sebelum memasuki wilayah suku Baduy Luar dan Dalam, kamu sangat disarankan untuk lapor ke pihak terkait dulu. Juga, SobiPegi nggak diperbolehkan mengunjungi suku Baduy Dalam ketika sudah lewat pukul 17.00 WIB. Oleh karena itu, aturlah jam kunjungan sebaik mungkin, ya!

6. Ajaklah Penduduk Lokal Berkunjung ke Baduy Dalam

tips berkunjung ke desa baduy
Sumber: IG @infoserang

Mengajak warga lokal untuk berkunjung ke Baduy Dalam berfungsi sebagai tour-guide. Supaya dalam perjalanan menuju ke sana, kamu nggak tersesat. Fyi, jalan menuju perkampungan Baduy Dalam hanya ada satu saja, loh, dan nggak ada namanya jalan pintas. 

Demikian enam tips mengunjungi Desa Baduy. Semoga informasi di atas bermanfaat, ya! Ingat, selalu bersikap sopan, santun, serta menghormati dan mengikuti adat istiadat yang berlaku di daerah tersebut. Bagi SobiPegi yang tertarik berkunjung ke Desa Baduy di Lebak, Banten, yuk pesan tiket pesawat, tiket kereta, tiket bus dan hotel di Pegipegi saja.

PESAN TIKET PESAWAT PESAN TIKET KERETA PESAN TIKET BUS PESAN HOTEL PROMO

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play
apps-store

Sumber foto utama: Yulia Agnis dari Unsplash

Comments