Catat, Ini Tips Biar Anak Nggak Mabuk di Jalan saat Pulang Mudik

JAKARTA, RagamNews.com – Libur Lebaran sudah hampir usai, sebentar lagi saatnya Anda dan keluarga kembali ke kota perantauan atau pulang dari liburan. Bagi Anda yang masih memiliki anak kecil, tentu mabuk perjalanan menganggu kenyamanan perjalanan.

Tapi tidak ada pilihan lain, Anda dan keluarga memang harus melalui perjalanan arus balik untuk bisa kembali ke rumah. Sehingga tindakan yang bisa Anda lakukan adalah mencari tahu, bagaimana upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah atau menghindari mabuk perjalanan ada si kecil.

Dokter Spesialis Anak, dr Lucky Yogasatria SpA lantas membagikan tips agar anak tidak “huwek-huwek” di jalan. Diimbau dr Lucky, berbagai upaya ini bisa dilakukan sebelum memberikan obat anti mabuk pada anak.

Pertama, coba arahkan anak untuk melihat anak jauh ke depan, jangan dibiarkan melihat ke samping atau lihat ke belakang, apalagi main HP atau baca buku saat keadaan sedang goyang-goyang.

“Karena kalau lihat objek yang bergerak nanti otaknya bingung, nih badan lagi diem tapi kok yang dilihat mata gerak-gerak terus ya. Nggak singkron tuh, makanya muncul mual,” jelas dia, dirangkum dari konten dukasi kesehatan, Rabu (4/5/2022).

Tips kedua, jangan mengisi perut anak sampai penuh melainkan sekedarnya saja. Beri asupan makanan yang ringan dan tidak berlemak, serta jangan minum minuman bersoda.

Tips ketiga, coba membawa minyak aroma terapi. Berikan aroma terapi pada anak, bila sedang dalam keadaan mual dan diakui biasanya upaya itu ampuh.

Kalau minum obat anti mabuk bagaimana? Diimbau dr Lucky agar anak tidak dibiasakan konsumsi obat anti mabuk, selagi bisa diupayakan tanpa obat. Kalau memang si anak mabuk parah, diimbau untuk konsultasi pada dokter anak. “Biar aman,” sambung dia.