Chen Selesai Wajib Militer, Ini 4 Member EXO yang Telah Rampungkan Wamil – Yoursay

Korea Selatan mengharuskan warga negara pria untuk menjalani wajib militer apabila telah berusia 18 tahun. Peraturan untuk usia maksimal wajib masuk militer pun beberapa kali berubah. Mengutip dari sbs.com.au, sejak 1 Agustus 2018 usia maksimal wajib milliter diubah dari 30 tahun menjadi 28 tahun. 
Kewajiban tersebut juga berlaku bagi para artis, termasuk anggota EXO yang berkewarganegaraan Korea. Dari 8 member EXO yang memiliki kewarganegaraan Korea Selatan, 4 orang telah selesai melaksanakan wajib militer (wamil), 2 di antaranya sedang menjalani wamil, dan 2 orang belum masuk wamil. Berikut keempat personil EXO yang telah merampungkan kewajibannya di militer:
Member tertua EXO bernama asli Kim Minseok ini mulai menjalani wajib militer pada 7 Mei 2019. Xiumin menjalani wajib militer sebagai tentara aktif dan juga berpartisipasi dalam musikal militer berjudul “Return: The Promise of That Day” dan “Return“. Akibat Covid-19, Xiumin dapat keluar dari militer lebih awal yakni bulan November 2020, tetapi baru secara resmi kembali menjadi warga sipil sesuai jadwal yaitu pada 6 Desember 2020.
Setelah menyelesaikan wajib militer, Xiumin kembali aktif bersama EXO dan ikut dalam perilisan album “Don’t Fight The Feeling“, mengeluarkan single untuk soundtrack drama, dan bermain dalam drama musikal berjudul Hadestown.
D.O. masuk wajib militer pada 1 Juli 2019 dengan pengumuman yang cukup mendadak lewat tulisan tangan yang ia unggah pada akhir Mei tahun itu. Saat menjalani wajib militer, pria bernama lengkap Doh Kyungsoo ini bertugas di Capital Mechanized Infantry Division sebagai juru masak (kitchen police). Debut musikal D.O. juga dilakoni ketika menjalani wajib militer dengan bergabung dalam “Return: The Promise of the Day”.
Setelah menyelesaikan wajib militer pada 25 Januari 2021, D.O. kemudian kembali beraktivitas bersama EXO untuk album spesial “Don’t Fight The Feeling” dan merilis album solo pertamanya “Empathy” pada bulan Juni 2021.
Leader EXO ini menjadi member ke-3 yang masuk wajib militer. Suho menjalani kewajibannya di militer sejak 14 Mei 2020 hingga 14 Februari 2022. Masa wajib militer Suho lebih lama daripada Xiumin dan D.O. karena Suho tidak bertugas sebagai tentara aktif melainkan petugas sosial pelayan publik di Kantor Seocho-gu Seoul dan bertugas di Pusat Anak-Anak Gangnam.
Selepas wamil, Suho meluncurkan album solo ke-2 berjudul “Grey Suit” pada 4 April lalu dan bersama-sama member EXO lainnya melakukan syuting untuk program EXO’s Ladder Season 3 yang saat ini masih tayang. Suho EXO juga akan menjadi pembicara dalam konferensi di Universitas Oxford bulan Mei mendatang.
Chen atau Kim Jongdae adalah anggota EXO ke-4 yang masuk wajib militer. Ia menjalani wamil sejak 26 Oktober 2020 sebagai tentara aktif dan pada hari Selasa (25/4/2022) ini Chen resmi kembali menjadi warga sipil. Sebelum masuk wamil, Chen merilis lagu berjudul “Hello” dan saat Chen selesai wamil tagar #HelloAgainCHEN diramaikan oleh para penggemar untuk menyambutnya kembali.
Saat ini dua member EXO yang masih menjalani wajib militer adalah Chanyeol dan Baekhyun. Chanyeol dijadwalkan selesai wajib militer di bulan September mendatang, sedangkan Baekhyun akan menyelesaikan wamil Februari tahun depan. Sementara dua orang yang belum masuk wamil adalah Kai dan Sehun.
Sekali lagi, welcome back, Chen EXO!
Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

source