Cina Luncurkan Rudal Balistik Hipersonik DF-17 Langsung ke Arah Taiwan

Cina Luncurkan Rudal Balistik Hipersonik DF-17 Langsung ke Arah Taiwan

Sejak diperlihatkan secara resmi pada Hari Nasional Republik Rakyat Cina ke-70, 1 Oktober 2019, nama DF (Dongfeng)-17 telah membetot perhatian dunia, lantaran DF-17 adalah rudal balistik taktis yang diklaim berada di level kecepatan hipersonik.

Baca juga: Mulai Hari ini, Cina Gelar Latihan Militer “Kepung Taiwan” di Enam Zona

Dengan kecepatan hipersonik, para analis militer meyakini bahwa rudal ini dapat menembus berbagai sistem anti hanud (pertahanan udara) yang dimiliki oleh Amerika Serikat dan NATO. Dan, dalam latihan militer besar-besaran yang dihelat Cina sebagai respon atas kunjungan Ketua DPR Amerika Serikat, Nancy Pelosi ke Taiwan pada 2 Agustus 2022 lalu, maka untuk pertama kalinya DF-17 diuji tembakan dengan diperlihatkan secara luas ke khalayak umum.

Seolah ingin memamerkan otot militernya kepada AS dan sekutunya, peluncuran DF-17 telah membuat kewaspadaan ekstra tinggi pada sistem pertahanan udara Taiwan, pasalnya DF-17 yang diluncurkan dari Pington (125 km dari Taiwan), Provinisi Fujian, disebut sengaja diluncurkan ke arah Pulau Formosa. Dari citra radar, diketahui rudal ini berbasil melesat di atas daratan Taiwan tanpa berhasil di-intercept, dan akhirnya jatuh di laut.

Saat DF-17 melintasi Taiwan, sistem sirine tanda bahaya telah berbunyi untuk memperingatkan warga akan potensi serangan nyata dari Cina Daratan.

Baca juga: Di Parade Militer 1 Oktober, Cina Tampilkan Rudal Hipersonik DF-17

Dari kategori, DF-17 adalah medium range ballistic missile, meski informasi tentang rudal ini sangat terbatas, komunitas intelijen AS memperkirakan jangkauan DF-17 berada di antara 1.800 dan 2.500 kilometer. Kecepatan luncur DF-17 disebut-sebut mencapai Mach 5. (Bayu Pamungkas)



Source link