Cina Pamerkan FH-901, Drone Kamikaze dengan Desain Mirip Switchblade Produksi AS

Cina Pamerkan FH-901, Drone Kamikaze dengan Desain Mirip Switchblade Produksi AS

Bagi Cina, Amerika Serikat ibarat ‘dibenci tapi dirindu’, pasalnya Cina menjadikan AS sebagai benchmark untuk pencapaian keunggulan produksi alutistanya. Ditambah dengan harapan untuk mendulang potensi ekspor, tak sedikit desain persenjataan asal AS dan negara Barat yang dicontek Cina. Meski ada perbedaan spesifikasi, tetap saja dengan mudah orang melihatnya sebagai produk copy paste. Salah satu yang terbaru adalah Rainbow CH/FH-901 suicide drone.

Baca juga: AS Kirim Drone Kamikaze ke Ukraina, Inilah Spesifikasi Switchblade 300 dan 600

Punya label sebagai suicide drone, FH-901 adalah drone bunuh diri (kamikaze) – loitering munition – yang mengadopsi desain mirip dengan drone kamikaze Switchblade 300 dan 600, produksi AeroVironment, Amerika Serikat. Dikutip dari Globaltimes.cn (8/9/2022), FH-901 diperkenalkan oleh China Aerospace Science and Technology Corporation, manuftur kondang yang selama ini dikenal memproduksi drone tempur Rainbow CH-4 dan CH-5.

China Aerospace Science and Technology Corporation mempromosikan FH-901 terhadap drone bunuh diri yang mirip dengan Switchblade buatan AS, dan menjadikan ini opsi di antara berbagai drone kamikaze yang populer di pasar internasional dan domestik. Dalam rekaman video yang dirilis pihak manufaktur, FH-901 terlihat menyerang target tank dari atas, menghancurkannya sepenuhnya. Pengamat menyebut FH-901 setara dengan drone kamikaze Switchblade yang dikembangkan AS dan meraih ketenaran baru-baru ini dalam konflik di Ukraina.

FH-901 tidak hanya dapat diluncurkan dari darat tetapi juga dapat diluncurkan oleh pesawat di udara, termasuk oleh drone lain yang lebih besar.

FH-901 mengandalkan propulsi dua bilah baling-baling yang digerakkan oleh mesin pendorong yang dipasang di ujung empennage. Seperti halnya Switchblade, FH-901 juga dikemas dalam wadah kontainer yang sip digunakan dalam waktu kurang dari tiga menit.

Dari spesifikasi, FH-901 dapat terbang dengan endurance 40 menit sebelum menukik menghantam target. Umumnya, drone jenis ini dipersiapkan sebagai bagian dari perlengkapan senjata pasukan khusus. FH-901 punya berat 9 kg dan dengan mudah dibawa oleh seorang prajurit dan dapat dilucurkan dari area yang tidak terlalu besar.

FH-901 dapat dilengkapi dengan hulu ledak atau kamera untuk melakukan misi pengintaian dan menemukan posisi lawan. FH-901 dapat terbang dengan kecepatan 7 hingga 120 km per jam dengan jangkauan 10 km. Drone kamikaze bersayap lipat ini dapat dipersiapkan untuk membawa hulu ledak fragmentation charge atau shaped charge, yang dapat menembus lapisan baja setebal 10 centimeter dan menghancurkan kendaraan lapis baja ringan. Dengan dukungan sensor yang dibawanya, FH-901 dapat mendeteksi target pada jarak 1,5 km dari ketinggian 450 meter.

Baca juga: Northrop Grumman Rilis “Jackal” – Drone Kamikaze dengan Mesin Turbojet

Drone bunuh diri CH-901 dapat dipersenjatai dengan muatan fragmentasi atau hulu ledak berbentuk muatan yang mampu menembus baju besi 10 cm dan menghancurkan tank dan kendaraan lapis baja ringan. Drone bunuh diri CH-901 mampu mendeteksi target pada jarak lebih dari 1,5 km dari ketinggian 450 m.

Tidak ada keterangan tentang harga jual Rainbow FH-901, tapi dipastikan akan lebih murah dari Switchblade produksi Amerika Serikat. (Gilang Perdana)



Source link