Di RIMPAC 2022, Drone Intai/Tempur MQ-9B SeaGuardian Unjuk Kemampuan

Di RIMPAC 2022, Drone Intai/Tempur MQ-9B SeaGuardian Unjuk Kemampuan

Selain pertama kali melibatkan unmanned surface vehicle (USV), dalam RIMPAC 2022 juga untuk pertama kalinya melibatkan kehadiran drone intai/tempur spesialis lautan MQ-9B SeaGuardian. Di RIMPAC 2022, SeaGuardian menjajal kemampuan ELINT (Electronic intelligence), COMINT (Communications intelligence), AIS (Automatic Identification System), Detect and Avoid, ASW (Anti Submarine Warfare), Lynx Maritime Radar dan Link 16 Capabilities.

Baca juga: General Atomics Rilis Desain MQ-9B STOL, Drone Tempur Jarak Jauh yang Bisa Beroperasi dari Kapal Induk

Dikutip dari Navalnews.com, pada 25 Juli 2022, MQ-9B SeaGuardian menjalani 11 penerbangan dengan total waktu lebih dari 80 jam. SeaGuardian terbang dengan membawa semua muatan operasional. Kemampuan multi-domain SeaGuardian memungkinkan bagi drone ini untuk meneruskan data sensor real-time langsung ke Armada melalui Link 16 dan umpan satelit ke pusat komando dan intelijen yang berbasis di pesisir.

Selama RIMPAC, MQ-9B SeaGuardian telah secara efektif menyampaikan informasi intelijen ke berbagai unit permukaan dan udara. MQ-9B SeaGuardian punya panjang 11,7 meter dan lebar bentang sayap 24 meter. Drone ini dapat beroperasi pada ketinggian 12.000 meter dan menjelajah hingga jarak 9.260 km. Drone ini ditenagai oleh mesin turboprop Honeywell TPE331-10 Honeywell TPE331-10 dengan tenaga 950 hp Kecepatan maksimum MQ-9B adalah 463 km per jam dan kemampuan endurance terbang terus-menerus selama 40 jam.

Dengan berat maksimum saat tinggal landas 5.670 kg, MQ-9B SeaGuardian dapat dimuati total payload sampai 2.177 kg. Komposisinya terdiri dari payload internal 363 kg yang mencakup instalasi multi-mode, maritime surface-search radar dan high-definition/full-motion video optical and infrared sensor. Suite sensor ini memungkinkan deteksi dan identifikasi sasaran secara real-time pada kapal permukaan, baik dalam ukuran besar dan kecil, pun dalam dalam kondisi cuaca, serta dapat dipantau 360 derajat.

Baca juga: Australia Batalkan Pengadaan Drone Tempur MQ-9B SkyGuardian, Padahal Sudah Kucurkan Jutaan Dollar

Sebagai drone intai jarak jauh, MQ-9B dapat dikendalikan secara Line of Sight (Los) dengan frekuensi C-band, atau dikendalikan lewat over the horizon lewat frekuensi X-, Ku- atau Ka-Band BLOS (Beyond Line of Sight). MQ-9B SeaGuardian dapat dipersenjatai, yakni tersedia payload eksternal untuk pemasangan beragam jenis senjata (rudal dan bom pintar) seberat 1.814 kg. Secara keseluruhan drone ini dilengkapi 9 hardpoints (8 di sayap dan 1 di centerline). (Gilang Perdana)



Source link