Dihadiri Megawati, TNI AL dan PT PAL Luncurkan Kapal Rumah Sakit ke-2 Sebagai Kado Ultah RI ke-77

Dihadiri Megawati, TNI AL dan PT PAL Luncurkan Kapal Rumah Sakit ke-2 Sebagai Kado Ultah RI ke-77

Pandemi yang terjadi dua tahun terakhir mengajarkan pada kita, pentingnya kekuatan fasilitas kesehatan. Di lain sisi, sebagai negara kepulauan terbesar, penting bagi Indonesia untuk memiliki fasilitas kesehatan yang memadai dan merata sampai ke pelosok negeri. TNI Angkatan Laut melalui PT PAL Indonesia berupaya untuk mewujudkan dan melakukan akselerasi teknologi melalui inovasi desain kapal Bantu Rumah Sakit (BRS).

Baca juga: PT PAL Indonesia Bersiap Luncurkan Kapal Bantu Rumah Sakit Kedua, Bernomer Lambung 992

Setelah sukses melakukan serah terima kapal BRS KRI dr. Wahidin Sudirohusodo-991 pada awal tahun 2022, kini bertepatan dengan bulan kemerdekaan Indonesia PT PAL Indonesia siap luncurkan Kapal BRS ke-2 dalam acara Ship-naming & Launching Kapal BRS ke-2 sebagai kado untuk HUT RI ke 77.

“PT PAL berkonsisten dalam mendukung kemandirian industri pertahanan melalui produk-produk terbaik karya anak bangsa yang memiliki kualitas internasional dan dapat dibanggakan” terang Bapak Kaharuddin Djenod selaku CEO PT PAL Indonesia dalam sambutannya.

Turut hadir secara virtual Presiden ke-5 Republik Indonesia Ibu Megawati Soekarnoputri. Dalam sambutannya, Ibu Megawati menyampaikan bahwa dr. Radjiman Wedyodiningrat merupakan sosok yang luar biasa. Meskipun hebat dalam ilmu kedokteran, jiwa kerakyatannya terus bergolak dan mendedikasikan dirinya menjadi salah satu patriot kemerdekaan.

“Beliau adalah sosok pemimpin, negarawan yang sangat merakyat. Atas jasa-jasa beliau yang sangat luar biasa bagi bangsa dan negara dan juga tentunya bagi karya kemanusiaan terutama atas peran sertanya sebagai seorang dokter, maka saya mengusulkan nama Kapal Rumah Sakit TNI Angkatan Laut dengan nama dr. Radjiman Wedyodiningrat” tegas Ibu Megawati dalam sambutannya.

Ship-naming atau pemberian nama kapal adalah salah satu rangkaian penting dalam pembangunan kapal. Momen tersebut harus dilakukan oleh seorang mothership, dalam hal ini Ibu Vero Yudo Margono selaku istri Kasal. Proses pemberian nama kapal ditandai dengan pernyataan pemberian nama kapal dr. Radjiman Wedyodiningrat, sekaligus ditandai dengan pemecahan kendi pada badan kapal.

“PT PAL mengapresiasi atas konsistensi order pemerintah dalam hal ini TNI AL dan Kementerian Pertahanan untuk mempercayakan pembangunan Alutsista kepada BUMN dimana PT PAL adalah BUMN yang menjadi leading sector dibidang industri maritim” tegas CEO PAL pada kesempatan tersebut.

Setelah resmi menyandang nama dr. Radjiman Wedyodiningrat, Kapal BRS diluncurkan oleh Kasal, Bapak Laksamana TNI Yudo Margono yang ditandai dengan penekanan tombol sirine sebagai simbol pertama kali badan kapal menyentuh air.

“Bagi Indonesia dan TNI Angkatan Laut, keberadaan kapal rumah sakit sangatlah penting. Selain untuk mendukung operasi laut OMP dan OMSP, untuk pelayanan kesehatan yang mobile serta dapat menjangkau seluruh wilayah Indonesia yang berbentuk kepulauan” ujar Bapak Laksamana TNI Yudo Margono selaku Kepala Staf Angkatan Laut.

“Atas nama TNI AL saya sampaikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada komisaris dan jajaran direksi PAL atas kerja sama yang baik dalam pembangunan kapal ini, dan semua pihak yang telah berkontribusi dalam pengadaan Alutsista hingga ke tahap Ship-naming dan Launching hari ini. Semoga tahap selanjutnya akan dapat kita laksanakan sesuai target yang direncanakan” tegas Bapak Yudo Margono menutup sambutannya.

Dengan diluncurkannya kapal BRS dr. Radjiman Wedyodiningrat hari ini, diharapkan segera dapat mengakomodir kebutuhan armada TNI AL dalam menjalankan tugas baik Operasi Militer Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

Baca juga: LPD plus “Kapal Rumah Sakit” KRI Semarang 594 Resmi Masuk Armada TNI AL

“Acara yang dihelat di area Graving Dock Semarang Divisi Kapal Niaga PT PAL Indonesia, turut dihadiri oleh perwakilan Komisi I DPR RI, Keluarga dr. Radjiman Wedyodiningrat, pejabat utama Mabes TNI Angkatan Laut, Kementerian BUMN, Kementerian Pertahanan, jajaran Komisaris dan Direksi PT PAL Indonesia, serta para pemangku kepentingan lainnya. Penyelenggaraan acara Ship-naming & Launching hari ini, menandakan selesainya pembangunan bagian badan kapal atau super structure, sehingga kapal sudah dapat mengapung di atas air laut. Selanjutnya pembangunan kapal BRS dr. Radjiman Wedyodiningrat akan berfokus pada instalasi bagian dalam kapal dan integrasi sistem navigasi dan komunikasi”, terang Bapak Rariya Budi Harta selaku ketua panitia Ship-naming & launching Kapal BRS PT PAL.



Source link