Ekonom Heran TNI-Polri Bagikan BLT Minyak Goreng ke PKL – CNN Indonesia

Ekonom mempertanyakan peran TNI dan Polri dalam pembagian Bantuan Langsung Tunai (BLTminyak goreng kepada pedagang kaki lima (PKL). Pasalnya, tugas tersebut seharusnya merupakan ranah Kementerian Sosial atau dinas sosial di daerah, bukan aparat penegak hukum.
“Sebaiknya ya lewat Kementerian Sosial dan dinas sosial di daerah, serta aparat desa/kelurahan, mereka lah yang lebih tepat menyalurkan. Adapun TNI/Polri sifatnya membantu pengamanan dan distribusi,” kata Deputi Direktur Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Eko Listiyanto kepada CNNIndonesia.com, Jumat (8/4).
Menurut Eko, tupoksi masing-masing lembaga semestinya diperhatikan. Jangan sampai, sambungnya, dinas dan aparat desa/kelurahan hanya jadi pelengkap padahal mereka yang memegang datanya.
Senada, Ekonom Indef Andri Satrio Nugroho menilai penyaluran BLT minyak goreng oleh aparat harus dapat diaudit agar penyalurannya tepat sasaran. Terlebih, tugas dan wewenang TNI/Polri lebih besar dalam pembagian BLT ini ketimbang Kemensos.
“Apakah akan ada audit yang bisa dilakukan dalam pemberian BLT. Yang jadi pertanyaan lebih besar, mengapa institusi itu ditunjuk itu. Apa karena ada ketidakpercayaan Kemensos dan institusi terkait, kita harus lihat lebih dalam lagi,” ucapnya.
Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Kemensos Harry Hikmat menyebut data yang digunakan terkait penyaluran BLT kepada PKL berasal dari TNI dan Polri, lantaran hal ini berada di wilayah kewenangan mereka.
“Data penerima BLT berasal dari TNI dan Polri untuk 2,5 juta pedagang kaki lima dan warung,” kata Harry saat dihubungi, Kamis (7/3).
Sementara itu, Kombes Pol Guruh Ahmad mengungkapkan pihaknya menggunakan cara penelusuran ke tempat (on the spot) dalam mencari calon penerima bantuan langsung tunai (BLT) minyak goreng dari pemerintah.
“Kami on the spot ke lapangan, sehingga kami mendapat data riil, mana pedagang yang benar-benar akan kita berikan,” ujar Guruh di konferensi pers online, Jumat (8/4).
Menurut Guruh, cara ini efektif dan tepat sasaran karena bisa langsung melihat kondisi PKL dan pemilik warung yang sekiranya cocok mendapat BLT minyak goreng. Adapun, cara lain yang juga digunakan adalah melalui komunitas pedagang.
[Gambas:Video CNN]

source