FYI- 10 Penemuan Sains Paling Berpengaruh di Dunia

RagamNews.com – Banyak sekali penemuan sains di dunia pada masa lampau yang kita rasakan manfaatnya dan memberi kemudahan untuk umat manusia saat ini.

Bacaan Lainnya

Tidak bisa dipungkiri bahwa penemuan ilmu pengetahuan baru (sains) oleh para ilmuwan sangat berpengaruh pada kemajuan kehidupan manusia didunia. Penemuan-penemuan penting tersebut memberikan manfaat berupa efisiensi, yaitu kemudahan dalam berbagai hal.

Apa sajakah penemuan tersebut? Yuk simak penjelasan berikut.

Telepon

Siapa yang menyangka bahwa komunikasi akan menjadi hal yang mudah saat ini? Kita tidak perlu khawatir lagi dengan jarak, komunikasi kini tetap bisa dilakukan. Masih segar diingatan pada awal tahun 2000-an kita masih mengantre di wartel untuk menggunakan akses telepon yang bahkan kini sudah ada hanya dalam  genggaman.

Penemuan yang sangat berpengaruh dalam kehidupan manusia ini tidak terlepas dari peran Alexander Graham Bell yaitu seorang ilmuwan yang menemukan teknologi telepon pada era 1800-an. Setelah melakukan beberapa kali percobaan, akhirnya Bell dan rekannya Thomas Watson menemukan cara untuk mengirimkan suara melalui kabel dengan mengubah listrik menjadi suara.

Setelah mencatatkan penemuannya sebagai hak paten, Bell melakukan penggilan telepon untuk pertama kalinya dalam sejarah kepada rekannya Watson, “Mr. Watson, datanglah kemari aku ingin bertemu.”

Perangkat Listrik

Listrik sebenarnya adalah bentuk energi alami yang tidak diciptakan oleh manusia, hanya saja para ilmuwan sangat berpengaruh dalam hal pengembangan energi listrik sehingga dapat digunakan untuk berbagai hal.

Bayangankan saja bila listrik tidak dikembangan dan hanya sekedar energi alami saja, maka kita akan mangalami kesulitan dan juga tidak akan mengantarkan kita kepada era perkembangan teknologi yang luar biasa. Bahkan listrik juga sudah menjadi kebutuhan pokok saat ini.

Alat Transpostasi

Tidak terbayangkan bila tidak adanya penemuan alat transpostasi, pasti kita akan sangat sulit untuk melakukan mobilisasi. Kemampuan berjalan kaki tidak akan mampu menembus jarak yang sangat jauh dan juga akan menghabiskan waktu yang sangat lama.

Beberapa penemuan alat transportasi yang sangat berguna dan biasa kita gunakan sekarang, seperti penemuan pesawat oleh Wright bersaudara pada 1903, penemuan alat transportasi darat menggunakan mesin oleh Karl Benz pada 1886, dan banyak lagi penemuan lainnya yang dapat kita rasakan manfaatnya saat ini.

USG

Ultrasonografi yang biasa kita kenal dengan sebutan USG merupakan salah satu penemuan dalam bidang medis. Teknologi ini berguna untuk mengamati dan menganalisis sesuatu yang berada didalam tubuh manusia, misalnya untuk melihat keadaan janin yang masih berada didalam kandungan.

Teknologi ultrasonografi pertama kali diteliti oleh Lazzaro Spallanzani pada 1794, kemudian pada 1900-an bantuan ultrasonografi sudah digunakan beberapa ilmuwan dibidang medis.

Satelit Buatan

Uni Soviet untuk pertama kali meluncurkan satelitnya pada 1957 silam, kemudian setelahnya ada banyak misi manusia ke luar angkasa termasuk pendaratan manusia di bulan. Satelit telah diciptakan untuk membantu meringankan tugas-tugas yang dulunya dirasa mustahil untuk dilakukan, misalnya perkembangan teknologi peta. Beberapa satelit buatan adalah satelit cuaca, satelit komunikasi dll.

Teknologi berbasis nuklir

Penemuan ini didasari oleh teori-teori seorang ilmuwan ternama, yaitu Albert Einstein. Ada banyak hal yang bisa dilakukan dengan nuklir, bisa dijadikan sumber daya alternatif hingga yang paling berbahaya yaitu bisa menjadi senjata perang. Sejarah dunia yaitu tragedi bom atom di Hiroshima dan Nagasaki adalah salah satu hal berbahaya yang dapat dilakukan oleh teknologi nuklir.

Higgs boson

Penemuan higgs boson tau partikel tuhan pada tahun 2012 merupakan sebuah penemuan yang cukup menggemparkan bagi para ilmuwan. Hal itu dikarenakan sebelumnya partikel ini diprediksi tidak akan pernah ditemukan. Higgs boson merupakan partikel yang dianggap sebagai salah satu pembentuk massa, selain itu partikel tuhan diklaim mampu membuka misteri hukum alam yang masih misterius.

Teleskop Hubble

Edwin Hubble adalah seorang astronom yang menemukan teknologi teloskop ini, teloskop canggih ini merupakan salah satu penemuan terbesar dibidang astronomi yang terletak diluar angkasa. Pasalnya teloskop hubble merupakan ujung tombak untuk melihat objek angkasa yang jauh dan juga dapat melihat benda-benda angkasa cukup detail di alam semesta ini.

Vaksin

Pada abad ke-9 hingga ke-10 Tiongkok kuno telah menemukan metode vaksin cacar untuk pertama kalinya dengan metode yang masih pada tahap sederhana. Kemudian pada era 1700-an Edward Jenner serorang dokter dan ilmuan menemukan metode vaksinasi cacar secara klinis dan modern. Penemuan vaksin ini membawa manfaat yang begitu besar dalam dunia medis hingga saat ini.

Antibiotik

Satu lagi penemuan dibidang medis yang sangat berpengaruh ialah ditemukannya antibiotik atau penisilin, yaitu obat-obatan yang digunakan untuk menghambat pertumbuhan bakteri, jamur dan parasit yang merugikan bagi tubuh.

Source link