Gerak Cepat TNI AU dan Pemerintah Indonesia Dipuji, Pengamat Militer Malaysia: Mereka Tau Apa yang Dibutuhkan – Zona Jakarta – Zona Jakarta


ZONAJAKARTA.com – Negara tetangga Indonesia, Malaysia rupanya sudah sejak lama naksir berat dengan jet tempur Rafale Prancis.
Namun tak seperti Indonesia yang mampu memborong 42 unit Rafale Prancis, Malaysia justru harus merelakan jet tempur canggih buatan Dassault Aviation tersebut.
Jauh sebelum Indonesia memborong Rafale Prancis dan F-15 EX Amerika Serikat (AS) untuk TNI AU, Malaysia rupanya sudah lebih dulu ditawari Dassault Aviation.
Hal ini seperti diungkap media Malaysia Defence Security Asia dalam artikel tanggal 21 Mei 2021.
Malaysia telah bertahun-tahun meneliti apakah akan membeli jet tempur Rafale ini, tetapi pada akhirnya Indonesia yang mendapatkannya,” tulis Defence Security Asia dalam artikelnya seperti dikutip Zonajakarta.com.
Yang lebih miris, media Malaysia tersebut menyebut jika kantor perwakilan Dassault Aviation sampai tutup karena negeri jiran tak kunjung membeli jet tempur Rafale yang ditawarkan padanya.
Baca Juga: Puji Habis-habisan Armada Baru TNI AU Rafale dan F-15 EX, Pengamat Militer Malaysia: Indonesia Tidak Ceroboh!
Rafale sempat tak laku dijual ke luar negeri.
Prancis sampai puluhan tahun mempromosikan Rafale kesana kemari.
Editor: Zulaika Rizkia
Sumber: Defence Security Asia chinapress.com.my
Apartemen Gading Greenhill
Jalan Pegangsaan Dua Raya No.97 Kelapa Gading
Jakarta Utara – DKI Jakarta
Telepon : 088888538038
Email : zonajakartadotcom@gmail.com
PT Kolaborasi Mediapreneur Nusantara
Jl. Asia Afrika No. 75
Bandung – Jawa Barat, 40111, Ph. 022-4241600
Email: prmnnewsroom@pikiran-rakyat.com
©2022 Pikiran Rakyat Media Network

source