Ini 16 Negara yang Mengirimkan Bantuan Militer untuk Ukraina – VIVA – VIVA.co.id

VIVA – Dalam perang Rusia-Ukraina, banyak negara termasuk Swedia netral nonblok mulai mengirimkan bantuan militer. Ketika perang antara Ukraina dan Rusia terus meningkat setelah Moskow mengirim pasukannya ke negara tetangganya, beberapa negara di seluruh dunia mengirimkan bantuan militer ke Kyiv.
Menurut kementerian kesehatan Ukraina, konflik tersebut telah menewaskan lebih dari 350 warga sipil sejak awal invasi Rusia.
Badan pengungsi PBB juga percaya setidaknya 368.000 orang telah melarikan diri dari Ukraina ke negara-negara tetangga, sebagian besar ke Polandia. Lantas, negara mana saja yang mengirimkan bantuan militer ke Ukraina? Simak ulasannya berikut ini melansir dari Aljazeera.
Pada 25 Februari, Presiden Joe Biden menginstruksikan Departemen Luar Negeri untuk melepaskan senjata tambahan senilai $350 juta dari stok AS ke Ukraina. 
Dalam sebuah memorandum kepada Menteri Luar Negeri Antony Blinken, Biden mengarahkan bahwa $350 juta yang dialokasikan melalui Undang-Undang Bantuan Luar Negeri ditujukan untuk pertahanan Ukraina. Ukraina telah meminta senjata anti-tank Javelin dan rudal Stinger untuk menembak jatuh pesawat. 
Pentagon mengatakan senjata itu termasuk anti-baju besi, senjata ringan, pelindung tubuh dan berbagai amunisi untuk mendukung pertahanan garis depan Ukraina. Seorang juru bicara Departemen Luar Negeri mengatakan sistem anti-pesawat juga termasuk dalam materi. Selama setahun terakhir, Amerika Serikat telah memberikan lebih dari $1 miliar bantuan keamanan ke Ukraina, kata Blinken.
Untuk pertama kalinya dalam sejarahnya, UE membiayai pembelian dan pengiriman senjata setelah para pemimpin setuju untuk mengangkut senjata senilai 450 juta euro ($502 juta) ke Kyiv. Kepala kebijakan luar negeri Josep Borrell mengatakan beberapa negara mengirim jet tempur Ukraina.

source