Instalaza CS70 – Kaliber Baru Senjata Anti Tank, Lebih Ringan Tetap Strong

Instalaza CS70 - Kaliber Baru Senjata Anti Tank, Lebih Ringan Tetap Strong

Perang di Ukraina secara langsung membawa pengaruh dalam perkembangan dunia senjata anti tank perorangan, baik itu di segmen rudal maupun roket. Senjata anti tank seolah menemukan panggungnya, sebut saja saat senjata panggul dengan bobot kurang dari 10 kg mampu membuat Main Battle Tank (MBT) dengan berat puluhan ton tak berkutik. Dengan asas keunggulan mobilitas dan user friendly, khususnya senjata (roket) anti tank dengan peluncur sekali buang kini menjadi primadona, khususnya bagi infanteri.

Baca juga: Korps Paskhas Tampilkan Instalaza C90-CR Sebagai Senjata Bantuan

Debut senjata anti tank dengan peluncur sekali pakai buang (disposable) tak bisa dilepaskan dari nama Instalaza SA, pasalnya manufaktur senjata asal Spanyol ini termasuk yang paling gencar dan gigih mengembangkan dan memasarkan produk roket anti tank disposable, sebut saja C90 series yang sukses di pasaran, termasuk di Indonesia digunakan di lingkup Infanteri TNI AD dan Kopasgat TNI AU.

Atas kebutuhan pasukan khusus Spanyol, Instalaza telah memperkenalkan roket anti tank generasi terbaru yang merupakan turunan dari C90, yakni CS70 rocket launcher. Diperkenalkan dalam Eurosatory 2022, CS70 dihadirkan atas keinginan pasukan khusus Spanyol yang menginginkan sistem roket anti tank yang lebih ringan dibandingkan ke C90, beratnya CS70 hanya 5,5 kg dibandingkan dengan 6,5 kg dari sistem yang lebih besar.

Angka 70 itu ibarat menyesatkan, lantaran kaliber sebenarnya dari senjata sekali pakai ini adalah 72 mm. CS70 dilengkapi dengan hulu ledak single shaped-charge yang memastikan penetrasi lebih dari 270 mm pada lapisan baja rolled homogeneous armour.

Menurut pihak Instalaza, hulu ledak yang dirancang dan diproduksi oleh Instalaza telah dioptimalkan untuk memastikan penetrasi maksimum, sama halnya dengan sistem propulsi yang memastikan jangkauan yang sama dari C90 yaitu 350 meter terhadap point target. Instalza mengklaim bahwa teknologi confined space memastikan proses penembakan yang sangat tenang, dan memungkinkan operator untuk menembak banyak roket dalam sehari tanpa mengalami masalah pada telinga.

CS70 dilengkapi dengan alat bidik folding x2 day sight yang sama dengan yang digunakan pada C90, yang memastikan bahwa tidak diperlukan pelatihan ulang untuk menggunakan CS70. Antarmuka untuk memasang perangkat night vision juga sama persis dengan yang ada pada C90.

Baca juga: Instalaza C90 Reusable: Senjata Penghancur Perkubuan yang Dapat Diisi Ulang

Sebagai opsi tambahan, Instalaza mengusulkan versi pencitraan termal dari night vision systems, VN-IR, yang menambahkan berat 900 gram ke senjata yang menyediakan bidang pandang 11,7º x 8,8º. Khusus night vision system menjadi satu-satunya perangkat yang tidak ikut dibuang setelah penembaka, lantaran bisa diguakan kembali. Dalam rilisnya, Instalaza menyebut CS70 akan tersedia di pasaran mulai tahun 2023. (Gilang Perdana)



Source link