Iran Bersiap Kirim Ratusan Drone Tempur dan Kamikaze ke Rusia

Iran Bersiap Kirim Ratusan Drone Tempur dan Kamikaze ke Rusia

Isu di seputaran konflik Rusia versus Ukraina kini menyerat nama Iran. Hal tersebut mencuat setelah pihak Gedung Putih pada hari Senin kemarin (11/7/2022) menyebutkan bahwa Iran tengah mempersiapkan pengiriman ratusan drone tempur, termasuk drone kamikaze ke Rusia. Gedung Putih meyakini bahwa ratusan drone itu akan digunakan dalam laga perang di Ukraina.

Baca juga: Bentuk Penghormatan atas Pejuang Palestina, Iran Luncurkan Drone Kombatan “Gaza”

Dikutip dari apnews.com (12/7/2022), Penasihat Keamanan Nasional Amerika Serikat, Jake Sullivan mengatakan tidak jelas apakah Iran telah atau belum mengirimkan drone ke Rusia, tetapi Ia menyebut bahwa AS memiliki “informasi” yang menunjukkan Iran sedang bersiap untuk melatih pasukan Rusia untuk menggunakan (drone) segera di bulan ini.

Pengungkapan Sullivan datang pada malam perjalanan Presiden Joe Biden ke Israel dan Arab Saudi, di mana program nuklir Iran di kawasan itu akan menjadi subjek utama diskusi.

Beberapa drone yang dimiliki milisi Houthi.

Sullivan juga mencatat bahwa Iran telah memasok drone tempur, termasuk drone kamikaze (loitering munition) serupa kepada milisi Houthi Yaman untuk menyerang Arab Saudi sebelum gencatan senjata dicapai awal tahun ini.

Drone kamikaze Houthi yang berhasil ditembak jatuh.

Analis militer Samuel Bendett dari CNA mengatakan pilihan Rusia atas Iran sebagai pemasok drone adalah logis, pasalnya selama 20 tahun terakhir atau lebih Iran telah menyempurnakan kekuatan tempur drone-nya. “Drone mereka (Iran) lebih sering bertempur daripada buatan Rusia,” ujar Bendett. Iran termasuk sebagai negara pelopor penggunaan drone kamikaze, baru kemudian model drone tersebut diadaptasi oleh Israel, AS dan Cina.

“Iran memiliki rekam jejak yang terbukti dalam menerbangkan drone sejauh ratusan mil dan mencapai sasaran mereka,” tambah Bendett. Lebih hebat lagi, drone kamikaze Iran yang digunakan milisi Houthi terbukti sukses menembus pertahanan udara Amerika Serikat dan berhasil menyerang kilang minyak Saudi. Ia menabahkan, drone Iran bisa sangat efektif menyerang pembangkit listrik Ukraina, kilang dan infrastruktur penting lainnya.

Baca juga: Belajar dari Serangan Kilang Minyak di Arab Saudi, Amerika Serikat Belum Siap Menghadapi Serbuan Drone Kamikaze

Beberapa drone militer Iran telah kami kupas, seperti drone kamikaze yang diluncurkan dari truk kontainer, Shaded-136; kemudian Ababil 2, yakni drone kammikaze yang diluncurkan dari speed boat. Selanjutnya ada drone intai tempur Saegheh-2 yang berdesain stealth, sampai drone tempur kopian MQ-9 Reaper, yaitu Kaman-22. (Bayu Pamungkas)



Source link