Jadi Kapal Induk Pertama yang Dibangun dengan Teknik 3D, Ini Spek Mengerikan USS Enterprise CVN-80 Class Ford

Jadi Kapal Induk Pertama yang Dibangun dengan Teknik 3D, Ini Spek Mengerikan USS Enterprise CVN-80 Class Ford

Angkatan Laut Amerika Serikat (US Navy) terus memperkuat armada mereka dengan tambahan kapal induk bertenaga nuklir. Selain USS Gerald R. Ford CVN-78 dan USS John F. Kennedy CVN-79, mereka diketahui juga tengah membangun kapal induk pertama yang dibangun dengan teknik 3D, USS Enterprise Ford CVN-80.

Baca juga: Diterjang Cuaca Buruk, F/A-18 Super Hornet Jatuh ke Laut dari Dek Kapal Induk USS Harry S. Truman

Berbeda dari dua kapal induk di atas, yang mengalami keterlambatan pembangunan, kapal induk bertenaga nuklir tersebut sejauh ini masih on schedule dan akan terus seperti. Bila tak ada aral melintang, USS Enterprise CVN-80 Class Ford akan tampil pada tahun 2028 mendatang.

Dari berbagai informasi yang dihimpun, USS Enterprise CVN-80 Class Ford begitu ditunggu-tunggu kehadirannya, ketimbang dua kapal induk lainnya yang tengah dibangun atau dua kapal induk lainnya yang tengah direvitalisasi (USS George Washington CVN-73 dan USS John C. Stennis CVN-74).

USS Enterprise CVN-80 Class Ford -bersama USS Doris Miller CVN-81 Class Ford- sangat diharapkan dapat menjadi kapal induk yang sangat mumpuni dalam menangkal serangan musuh, tak seperti USS John F. Kennedy CVN-79 yang dibangun dengan harga mahal namun disebut masih mudah untuk ditembus serangan musuh.

Dalam laporan Bloomberg, disebutkan bahwa rudal pencegat kapal, radar, dan sistem penyebaran data dilakukan secara tidak konsisten dalam kondisi pengujian. Ini membatasi kapasitas kapal untuk menghancurkan senjata yang masuk dan musuh.

Kantor pengujian Pentagon mengatakan bahwa penilaian sistem kunci mengidentifikasi beberapa kekurangan desain yang sebelumnya tidak ditemukan. Laporan itu juga menambahkan bahwa angkatan laut telah menyoroti area di mana kapal, dan tiga kapal saudaranya, dapat ditingkatkan untuk meningkatkan kemampuan bertahan.

Kapal induk yang dibangun dengan anggaran US$24 miliar (dengan paket pembelian bersama USS Doris Miller CVN-81 Class Ford) tersebut diharapkan memiliki masa pakai sampai 50 tahun. Selain kemampuan bertahan dari serangan musuh, USS Enterprise CVN-80 Class Ford juga mampu melancarkan banyak serangan mendadak daripada kapal induk kelas Nimitz.

Tak hanya itu, USS Enterprise CVN-80 Class Ford juga dimungkinkan untuk menggunakan senjata laser, yang diketahui tengah dikembangkan oleh militer AS.

USS Enterprise CVN-80 Class Ford mampu melaju pada kecepatan 30 knot per jam, dengan sedikitnya 75 jet tempur dan lebih dari 4.500 pelaut dan perwira. Kapal induk seberat 100.000 ton ini dipersenjatai Rudal Evolved Sea Sparrow serta Rolling Airframe Missile untuk mencegat rudal.

Baca juga: Hari ini 61 Tahun Lalu, Meluncur Kapal Induk Nuklir Pertama di Dunia – USS Enterprise (CVN-65)

Progres kapal induk yang dibangun di Huntington Ingalls Industries Newport News Shipbuilding, Virginia, Amerika Serikat ini telah mencapai 15 persen lebih. Ditargetkan ini selesai dibangun pada tahun 2028 mendatang. (Alpin)



Source link