Jelang Pemilu 2024, Ada 3 Parpol dengan Pimpinan Berlatar Militer yang Berhak Daftar ke KPU – Pikiran-Rakyat.com – Pikiran Rakyat

PIKIRAN RAKYAT – Telah tersiar kabar pengumuman dari Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) soal 76 partai politik (parpol) berbadan hukum berhak mendaftar ke KPU untuk ikut dalam pesta Pemilu 2024 mendatang.
Berkaitan dengan 76 parpol berbadan hukum yang lolos verifikasi Kemenkumham menuju Pemilu 2024, kini menarik disimak tentang masing-masing ketua umum parpol yang memiliki latar belakang militer.
Berbeda dari Pemilu 2019 lalu yang masih dihiasi banyak pensiunan militer yang memegang jabatan penting di partai politik, kini menjelang Pemilu 2024 hanya tersisa beberapa nama yang berasal dari kalangan militer.
Dihimpun dari berbagai sumber, berikut daftar partai yang memiliki ketua dengan latar belakang militer atau pensiunan militer, terlihat sebagai berikut:
Baca Juga: Pamer Jalan-jalan di Markas Tim MotoGP Portugal, Nikita Mirzani: Walau Punya Duit, Nggak Bisa di Sini
Gerindra memiliki ketua yang sudah dikenal luas berasal dari latar belakang militer, Prabowo Subianto.
Berdasarkan jejak karier, Prabowo Subianto sempat terjun ke dunia militer dengan masuk pendidikan di Akademi Militer Nasional di Magelang, Jawa Tengah.
Kemudian setelah lulus dari AMN pada 1974 silam, Prabowo bergabung dengan Komandan Pasukan Khusus (Kopassus) Angkatan Darat dengan mencapai puncak sebagai orang nomor satu di Kopassus pada tahun 1996-1998.
Baca Juga: Harta Karun 2 Miliar Ton Emas-Tembaga Ditemukan Terkandung di NTB
Hingga akhirnya, Prabowo didapuk sebagai Panglima Kostrad pada tahun 1998, meski hanya dijalani dalam waktu sebentar karena situasi politik saat itu.
Editor: Abdul Muhaemin
PT Kolaborasi Mediapreneur Nusantara
Jl. Asia Afrika No. 75
Bandung – Jawa Barat, 40111
Telepon : 022-4241600
Email : prmnnewsroom@pikiran-rakyat.com
PT Kolaborasi Mediapreneur Nusantara
Jl. Asia Afrika No. 75
Bandung – Jawa Barat, 40111, Ph. 022-4241600
Email: prmnnewsroom@pikiran-rakyat.com
©2022 Pikiran Rakyat Media Network

source