Jet Tempur Chengdu J-20 Tampil dalam Manuver Tajam yang Memukau

Jet Tempur Chengdu J-20 Tampil dalam Manuver Tajam yang Memukau

Shenyang J-16 dan Chengdu J-20, tak pelak menjadi dua jet tempur Cina yang namanya paling banyak disebut saat ini. Pasalnya keduanya dilibatkan secara aktif dalam kampanye militer Cina terhadap Taiwan belum lama ini. Shenyang J-16 adalah jet tempur Angkatan Udara Cina yang paling banyak melintasi Zona Identifikasi Pertahanan Udara (ADIZ) Taiwan, sedangkan Chengdu J-20 adalah jet tempur paling canggih Cina yang punya kemampuan stealth, dan telah diikutkan dalam latihan perang besar-besaran, termasuk patroli tempur di Laut Cina Timur dan Cina Selatan.

Baca juga: Ladeni Peperangan Elektronika, Cina Punya Shenyang J-16D, Lawan Tanding Boeing EA-18G Growler

Belakangan, Shenyang J-16 dan Chengdu J-20 kembali berduet, setelah keduanya tampil bersamaan sedang melalukan air refueling (pengisian bahan bakar di udara) dengan pesawat tanker Xian Yu-20. Dan ada kabar terbaru dari ajang Changchun AirShow (26 – 30 Agustus 2022) di Provinsi Jilin, Cina Utara, disebutkan bahwa Shenyang J-16 dan Chengdu J-20 tampil memukau dalam pameran dirgantara tersebut.

Dikutip dari eurasiantimes.com (28/8/2022), ada beberapa atraksi dalam acara open house yang menghibur warga Cina. Namun, andalannya adalah demonstrasi aerobatik oleh jet tempur paling mumpuni dari Angkatan Udara Cina – jet tempur multirole J-16, jet tempur siluman J-20, dan pesawat angkut berat Y-20.

Sebuah pesawat angkut Xian Y-20 lepas landas dan memukau orang banyak dengan manuver seperti penerbangan ketinggian rendah dan tikungan tajam, menunjukkan kelincahan pesawat meskipun ukurannya sangat besar. Acara pembukaan airshow juga menampilkan debut pesawat angkut Yu-20, varian tanker udara dari pesawat angkut Y-20. Acara pembukaan airshow juga menampilkan debut pesawat angkut Yu-20, varian tanker udara dari pesawat angkut Y-20. Debut ketiganya terjadi hanya dua hari setelah AU Cina merilis foto J-16 dan J-20 yang sedang diisi bahan bakar di udara oleh pesawat Yu-20.

Menurut laporan media Cina, sebuah jet tempur multirole J-16 mengejutkan penonton pada upacara pembukaan airshow dengan melakukan beberapa manuver ketinggian rendah, menunjukkan penilaian dan kontrol pilot yang sangat baik serta mobilitas pesawat yang luar biasa. J-16 telah ditingkatkan ke varian J-16D dan dilengkapi dengan perangkat peperangan elektronik canggih untuk meningkatkan kemampuan presisi dan manuver operasional pada poros informasi dan komunikasi.

Sementara Chengdu J-20 melakukan serangkaian manuver kompleks, termasuk pull-up cepat, belokan cepat, dan gerakan horizontal dan vertikal berturut-turut. Seorang analis militer Cina Wang Mingzhi, mengatakan kepada Global Times pada hari Jumat bahwa J-20 dapat dengan cepat mengambil posisi untuk menyerang karena manuver seperti putaran curam dan belokan cepat setelah pull-up dan menukik sering digunakan dalam pertempuran udara.

Li Debing, pilot yang menerbangkan J-20 di acara tersebut, mengatakan demonstrasi aerobatik J-20 berorientasi pada simulasi pertempuran udara.

Chengdu J-20 China adalah jet tempur paling canggih dalam inventaris Cina, jet ini hadir untuk menutup kesenjangan kemampuan dengan Angkatan Udara AS yang dilengkapi dengan F-22 Raptors dan F-35. Seorang pilot J-20 baru-baru ini mengungkapkan bahwa pesawat tersebut dapat mencari dan melacak pesawat F-22 dan F-35.

Baca juga: Born To Fly, ‘Top Gun’ Made in China yang Tampilkan Propaganda Kekuatan AU Cina Lewat Jet Tempur Siluman Chengdu J-20

Para analis militer Cina mengklaim tentang kekuatan gabungan mematikan dari pesawat tempur J-16 dan J-20. China-Arms mengutip pakar militer China Wang Mingliang yang mengatakan, “Bila J-16D dan J-20 berduet, maka akan menjadi game changer, dan duet penempur itu akan sangat mematikan di medan perang masa depan.” (Bayu Pamungkas)



Source link