KADISKUMAL SECARA RESMI MEMBUKA KEGIATAN DISEMINASI HUKUM HUMANITER INTERNASIONAL DI LANTAMAL IV – PORTAL KOMANDO

KADISKUMAL SECARA RESMI MEMBUKA KEGIATAN DISEMINASI HUKUM HUMANITER INTERNASIONAL DI LANTAMAL IV

PK.Tanjungpinang–Kepala Dinas Hukum Angkatan Laut (Kadiskumal) Laksamana Pertama TNI Leonard Marpaung, S.H., M.H., yang di dampingi oleh Wadan Lantamal IV Kolonel Marinir Andi Rahmat M serta Ketua Delegasi ICRC untuk Indonesia dan Timor Leste Ibu Dorothea Krimtsas secara resmi membuka kegiatan Diseminasi Hukum Humaniter Internasional (HHI) di Markas Komando (Mako) Lantamal IV Jalan Yos Sudarso No.1 Batu Hitam, Tanjungpinang Kepulauan Riau (Kepri). Rabu (29/06/2022).

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini di Aula Yos Sudarso Mako Lantamal IV ini merupakan kerjasama TNI AL dan Internasional Committee Of The Red Cross (ICRC) untuk Indonesia dan Timor Leste, kegiatan ini diikuti peserta sebanyak 30 personel Perwira di bawah jajaran Lantamal IV yang berdinas di Bidang Operasi, Intelijen, Hukum, Potensi Maritim, Penerangan, Kesehatan, Polisi Militer, Marinir dan Perwira Staf Mako Lantamal IV.

Kegiatan Diseminasi Hukum Humaniter Internasional ini mendapatkan materi dari narasumber, berdiskusi dan berbagi informasi mengenai Hukum Humaniter Internasional serta mempraktekkan permasalahan dalam permainan TFG (Tactical Floor Game) dalam 3 kelompok. Semua itu adalah sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan para Perwira guna menghadapi berbagai tantangan pelaksanaan tugas kedepan.

Dalam sambutannya Kadiskumal mengatakan “Pelaksanaan kegiatan ini diharapkan para prajurit TNI AL di lingkungan Lantamal IV dapat meningkatkan pemahaman di bidang pengetahuan hukum, khususnya tentang ketentuan Hukum Humaniter Internasional yang berlaku dalam operasi militer, sehingga sasaran dari kegiatan ini dapat tercapai dengan maksimal seperti meningkatnya pengetahuan dan pemahaman prajurit tentang HHI, memiliki kemampuan dalam menerapkan HHI dalam setiap pelaksanaan operasi militer serta mampu mengetahui dan memahami serta memiliki keterampilan dalam menerapkan aturan pelibatan (Rules Of Engagement atau Roe)“.

Oleh karena itu pada kesempatan yang baik ini, saya menekankan kepada seluruh prajurit TNI AL di lingkungan Lantamal IV untuk memanfaatkan momen yang baik ini semaksimal mungkin. Perhatikan dan cermati secara seksama apa yang disampaikan, sehingga akan menjadi sesuatu yang berguna untuk diri kita dan organisasi, tambahnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Pejabat Utama Lantamal IV, Komandan Wing Udara I, Komandan Lanudal, Kasatker Lantamal IV, Tim Diskumal, Tim ICRC serta Para Perwira peserta Diseminasi Hukum Humaniter Internasional.



view :
33

Source link