Kapal Induk Nuklir USS Ronald Reagan Sandar di Lanal Changi Singapura

Kapal Induk Nuklir USS Ronald Reagan Sandar di Lanal Changi Singapura

( St Photo: Alphonsus Chern)

Setelah manuvernya di Laut Cina Selatan yang membuat Beijing cenat – cenut, kini kapal induk nuklir USS Ronald Reagan dari Armada Ketujuh Amerika Serikat telah tiba di Singapura. Bukan sekedar tiba, melainkan kapal induk nuklir berbobot 113.600 ton itu telah sandar di dermaga Lanal (pangkalan angkatan laut) Changi pada Jumat, 22 Juli 2022. Oleh media lokal, momen merapatnya kapal induk di Changi menjadi tajuk berita, lantaran inilah pertama kalinya kapal induk AS merapat di Singapura sejak 2019.

Baca juga: Endurance Class 170 – Ambisi Singapura Wujudkan Kapal Induk Helikopter

Dikutip dari straitstimes.com (22/7/2022), disebutkan USS Ronald Reagan berada di Singapura untuk kunjungan pelabuhan rutin selama beberapa hari untuk mengisi kembali persediaan dan memungkinkan mereka yang ada di kapal untuk beristirahat di darat. Ini adalah pertama kalinya dalam sebulan kapal itu berlabuh sejak kunjungan terakhirnya di Guam pada Juni lalu.

Dalam sambutan singkat kepada wartawan di atas kapal, Panglima Angkatan Laut AS Carlos Del Toro memberikan penghormatan kepada hubungan AS-Singapura yang kuat. “Saya sangat berterima kasih kepada Singapura atas sejarah panjang hubungan persahabatan yang kita miliki, sehingga kami dapat makmur secara ekonomi, sebagai dua negara demokrasi yang merdeka dan bebas,” katanya.

Seorang juru bicara di USS Ronald Reagan menolak untuk mengungkapkan berapa lama USS apal induk dan awaknya akan tinggal di Singapura, hal tersebut tidak diungkapkan dengan alasan keamanan operasional. USS Ronald Reagan tak sendirian saat berlayar, melainkan didampingi kapal penjelajah rudal USS Shiloh dan kapal perusak rudal USS Halsey.

USS Ronald Reagan yang masuk ke dala Nimitz Class membawa lebih dari 5.000 personel dan sekitar 100 pesawat, kapal induk ini bermarkas di Yokosuka, Jepang, sejak 2015. USS Ronald Reagan (CVN-76), adalah kapal induk Nimitz Class kesembilan yang dimiliki oleh AL Amerika Serikat, dan kapal pertama yang diberi nama mantan Presiden Ronald Reagan.

USS Ronald Reagan menggunakan tenaga penggerak dua reaktor nuklir yang menggerakkan empat baling-baling, dan super carrier ini dapat berlayar selama lebih dari 20 tahun tanpa mengisi bahan bakar.

Baca juga: Monitor Data AIS, Hari ini Kapal Induk USS Nimitz Lintasi Selat Malaka Menuju Laut Cina Selatan

Kapal induk yang dibangun Northrop Grumman Newport News ini, panjangnya mendekati ketinggian Gedung Empire State 333 meter dan lebar dengan dek penerbangan 77 meter. Dek penerbangan mencakup area seluas 4,5 hektar (18.000 m²). (Gilang Perdana)



Source link