Korea Selatan Diterjang Topan Hinnamnor, Korps Marinir Kerahkan Ranpur Amfibi LVTP-7 untuk Evakuasi

Korea Selatan Diterjang Topan Hinnamnor, Korps Marinir Kerahkan Ranpur Amfibi LVTP-7 untuk Evakuasi

Korea Selatan dalam beberapa hari ini tengah dilanda bencana alam, yakni diterpa topan Hinnamnor yang kabar terakhir mendekati pesisir Korea Selatan. Kota Pohang di Provinsi Gyeongsang Utara tercatat sebagai wilayah yang paling parah menerima dampak dari topan tersebut. Mengutip Koreaherald.com (7/9/2022), topan Hinnamnor telah menewaskan 10 orang, dua hilang dan tiga luka-luka.

Baca juga: Kenali Detail Rantis Amfibi Legendaris, KAPA K-61 Korps Marinir TNI AL

Untuk membantu pemulihan di Pohang, Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol mengatakan pada hari Rabu akan menetapkan Pohang sebagai zona bencana khusus sesegera mungkin. Dan terkait dengan upaya evakuasi dan SAR di Pohang, ada kabar bahwa Korps Marinir Korea Selatan – Republic of Korea Marine Corps (RoKMC) – telah mengerahkan ranpur amfibi LVTP-7 (KAAV7A1) untuk membantu operasi penyelamatan pada warga yang terjebak dalam banjir dan genangan.

Pengerahan ranpur dengan kemampuan amfibi tentu sudah jamak digelar dalam operasi militer selain perang. Namun, apa yang dikerahkan di Pohang saat ini, mengingatkan bahwa ranpur sejenis dan dari negara yang sama, kini menjadi andalan bagi Korps Marinir TNI AL, khususnya pada Batalyon Tank Amfibi yang mengoperasikan 15 unit LVTP-7.

Diterima Korps Marinir pada tahun 2009/2019, KAAV7A1 atau LVTP-7 adalah produksi Samsung Techwin (sekarang – Hanwha Techwin) atas lisensi dari FMC Corporation, Amerika Serikat pada tahun 1984. Meski tak datang sebagai alutsista baru, karena unit yang ada di Indonesia adalah bekas pakai Marinir Korea Selatan, namun LVTP-7 terbilang kondang kiprahnya.

Di Indonesia, sepuluh unit LVTP-7 ditempatkan di Batalyon Tank Amfibi 1 (Jakarta) dan lima unit lainnya ada di Batalyon Tank Amfibi 2 (Surabaya). Indonesia memperoleh ranpur ini lewat program hibah. LVTP-7 buatan Korea Selatan ini semuanya sudah di upgrade ke versi AAV (Assault Amphibious Vehicle)-7A1.

Baca juga: Bagi Polandia, ‘Sulit’ untuk Pensiunkan Rantis Amfibi Tua PTS-M

Keunggulan dari APC amfibi ini, selain mampu mengangkut 20 pasukan infanteri, LVTP-7 dilengkapi pompa elektrik otomatis untuk mengeluarkan air jika ada air yang masuk ke dalam kompartemen. Bila sistem elektrik tak berfungsi, masih bisa difungsikan pompa mekanik. (Gilang Perdana)



Source link