Latihan Peperangan Laut Khusus Puskopaska TNI AL Masuki TFG – PORTAL KOMANDO

Latihan Peperangan Laut Khusus Puskopaska TNI AL Masuki TFG





PK.TNI AL Koarmada II, Surabaya 13 Juli 2022.Latihan Peperangan Laut Khusus (Naval Special Warfare) yang digelar oleh Pusat Komando Pasukan Katak (Puskopaska) TNI AL di ruang Loby Satkopaska Koarmada II Ujung Surabaya telah memasuki tahap Tactical Floor Game (TFG). Ujar Letkol Laut (P) Sandarianto, selaku Komandan Satgas (Dansatgas) latihan, Rabu (13/7/2022).

Menurut Dansatgas, latihan yang berjalan selama 16 hari terhitung dari tanggal 4 sampai dengan 19 Juli 2022 bertempat di Surabaya, perairan Selat Madura, Banongan Situbondo dan sekitarnya ini dilaksanakan oleh Puskopaska dengan menggunakan Satuan Operasi yang terdiri dari Satkopaska Koarmada I, Satkopaska Koarmada II dan Satkopaska Koarmada III.

Setelah latihan posko TFG selanjutnya melaksanakan latihan lapangan sebagai puncak kegiatan latihan yang akan berlangsung tangal 16 sampai dengan 18 Juli 2022, bertempat di Pasir Putih Situbondo Jawa Timur. Sementara materi yang akan dilaksanakan meliputi Emergency Drill, Menembak bawah air, Komtis bawah air, RKBA Open Circuit dan Rebreather, Infiltrasi Exsfiltrasi dari Kapal Selam, Harbour attack dan Ship attack, Sabotase dan Demolisi bawah air.

Lebih lanjut Letkol Sandarianto mengatakan bahwa tujuan dari Latihan ini untuk menguji dan melatih kemampuan tempur Kopaska dalam mendukung Operasi Militer Perang (OMP), sekaligus merupakan salah satu bentuk pelaksanaan program prioritas Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, yaitu dalam hal pembangunan SDM TNI AL serta pembangunan sistem pembinaan kekuatan dan kesiapan operasional.

Pelaksanaan TFG ini dihadiri Dirops Puskopaska Kolonel Laut (P) Johan Wahyudi dan Komandan Satkopaska Koarmada II Kolonel Laut (P) Agus Yudho K.

(Pen/2).




Source link