Malloy T650 – Drone Kargo yang Kini ‘Mematikan’ dengan Mengusung Tiga Rudal Brimstone

Malloy T650 - Drone Kargo yang Kini 'Mematikan' dengan Mengusung Tiga Rudal Brimstone

Nama Malloy Aeronautics ikut terangkat saat produknya, yaitu drone copter Malloy T150 digunakan sebagai wahana pengangkut logistik dan munisi ke garis depan perang di Ukraina. Dan masih berupa jenis drone copter, Malloy Aeronautics dan BAE Systems memperkenalkan konsep drone Malloy T650 yang dapat membawa tiga rudal Brimstone.

Baca juga: Malloy T150 – Drone Kargo yang Dikirim Inggris ke Ukraina, Pasok Kebutuhan Logistik dan Munisi ke Garis Depan

Dikutip dari gagadget.com (21/9/2022), Malloy Aeronautics dan BAE Systems ikut ambil bagian dalam pameran Defence Vehicle Dynamic exhibition, dan diperlihatkan untuk pertama kalinya drone T650 dengan rudal Brimstone. Malloy T650 adalah drone copter dengan delapan mesin listrik dan delapan propeller, diperkenalkan sekitar setahun yang lalu. Drone ini memiliki kapasitas muatan yang lumayan besar dan telah menarik minat militer.

Dari spesifikasi, Malloy T650 aslinya adalah drone kargo yang dapat mengangkat muatan hingga 300 kg. Sebagai informasi, berat total tiga rudal Brimstone adalah sekitar 150 kg. Dengan tenaga baterai, drone T650 dapat mencapai kecepatan 140 km per jam dan memiliki jangkauan 30 km. Ada kemungkinan bahwa parameter ini dapat diubah untuk modifikasi untuk menjatuhkan rudal.

Brimstone dioperasikan pada jet tempur, helikopter, drone, rantis di darat, dan kapal permukaan. Rudal buatan MBDA UK ini mampu menyerang target line-of-sight dan non-line-of-sight, dengan pilihan mode aksi menggunakan digital targeting data yang disediakan melalui jaringan militer aman yang sepenuhnya beroperasi dengan standar NATO.

Dari spesifikasi, rudal Brimstone punya berat 50 kg, panjang 1,8 meter dan diameter 180 mm. Rudal ini ditenagai solid fuel rocket yang mampu melesatkan rudal dengan kecepatan Mach 1.3. Sistem pemandu Brimstone memanfaatkan 94-GHz millimetri -wave active radar homing and INS autopilot; dual-mode, II, dan adds laser guidance.

Baca juga: Inggris Konfirmasi Kirimkan Rudal Anti Kapal Brimstone ke Ukraina

Brimstone pada awalnya dirancang oleh GEC-Marconi pada tahun 1986. Namun, produksinya baru dimulai pada tahun 1999 oleh MBDA UK di Henlow. Awalnya rudal ini dirancang untuk menghancurkan target lapis baja dari wahana udara seperti pesawat tempur. MBDA UK kemudian mengembangkan varian anti kapal yang disebut Brimstone Sea Spear yang merupakan rudal anti-kapal yang diluncurkan dari udara dan permukaan yang dirancang untuk menyerang kapal-kapal yang bergerak cepat dan berkerumun. (Bayu Pamungkas)



Source link