Masuk Line Up untuk Final Piala Thomas 2022, Vito Sebut Dirinya Lebih Suka Jika Tak Bermain

JAKARTA, RagamNews.com – Timnas bulu tangkis Indonesia menurunkan formasi pemain utama dalam upayanya mempertahankan gelar juara Piala Thomas saat menghadapi India pada babak final yang akan berlangsung di Impact Arena Bangkok, Thailand, Minggu (15/5/2022), pukul 13.00 WIB.

Indonesia berhasil keluar dari babak perempat final melawan China serta turut mengantarkan timnas menuju partai puncak saat mengalahkan Jepang di babak semifinal hari Jumat (13/5/2022). Dengan susunan pemain yang sama, Indonesia diharapkan unggul di laga pamungkas ini.

Pada laga semifinal melawan Jepang, Shesar Hiren Rhustavito atau Vito menjadi penentu Indonesia melaju hingga babak akhir kejuaraan dunia ini. Pemain berusia 28 tahun itu tampil tenang sepanjang pertandingan kelima yang sangat penting di Impact Arena di Bangkok tadi malam, dan membawa Indonesia meraih kemenangan 3-2 atas Jepang.

Vito, yang hanya tampil di babak penyisihan grup sejak debutnya di Piala Thomas tahun lalu, mengalahkan Kodai Naraoka 21-17 21-11 dalam 44 menit dan memberi juara bertahan Indonesia untuk tampil di final berturut-turut untuk pertama kalinya sejak 2002.

Sebelumnya, Vito memainkan dua pertandingan di Grup A ketika melawan Singapura dan Thailand. Dalam wawancaranya dengan BWF usai laga melawan tim Jepang, Vito tidak berusaha menyembunyikan kegembiraannya selama wawancara pasca-pertandingannya.

“Ini adalah momen terbaik dalam karir saya. Saya akan mengingat poin kemenangan selamanya, ” kata Vito seperti dikutip dari laman resmi BWF.
Ketika ditanyatakan soal kesiapannya untuk laga final melawan tim India, Vito berharap dirinya bisa bermain maksimal dan lebih senang jika dirinya tidak usah bermain saja.

“Saya akan siap tetapi saya lebih suka kami menyelesaikan pertandingan lebih awal dan saya tidak bermain, ” pungkasnya.

Vito sempat menjadi trending topic di Twitter Minggu pagi ini, netizen pengguna akun @ainurohman membeberkan betapa pentingnya peran Vito dalam membawa Indonesia untuk menjadi pemuncak turnamen Thomas Cup.

Pada Thomas Cup 2020, menurut @ainurohman, Vito menjadi penentu kemenangan Indonesia saat melawan Thailand dan Taiwan, juga menjadi penentuk kemenangan untuk menjadi juara Grup A.

Demikian juga dengan gelaran Thomas Cup 2022, Vito mampu memperpanjang napas Indonesia saat tertinggal 0-2 vs Korea, dan menjadi penentu vs Jepang di semifinal. “Tdk pernah sekalipun kalah dlm 2 edisi #ThomasCup,” cuitnya.