Memaknai Silaturahmi Lebaran, Agenda Utama saat Idulfitri

Bagi umat Islam di seluruh dunia, Idulfitri bukan saja tentang hari kemenangan. Hari raya yang selalu dinanti setiap tahun ini identik juga dengan momen bermaaf-maafan dan silaturahmi kepada keluarga, saudara, kerabat, teman kerja, teman sepermainan, hingga tetangga. Mungkin kamu penasaran alasan mengapa Lebaran selalu dikaitkan dengan agenda silaturahmi? Apa ya makna silaturahmi Lebaran? Mari kita ulas bersama di sini!

Arti Kata Idulfitri dan Lebaran

Ilustrasi, Sumber: Unsplash (Visual Karsa)

Sebelum jauh membahas, ada baiknya memahami arti kata Idulfitri dan Lebaran terlebih dahulu. Kata Idulfitri berasal dari bahasa Arab adda-yaudu, artinya kembali. Maksud dari ‘kembali’ yaitu keadaan di mana umat Islam menyaksikan lagi hari raya Id yang ditunggu-tunggu, karena setiap tahun perayaan ini selalu kembali dengan kegembiraan yang baru.

Jadi, bila selama ini masih banyak yang mengartikan Idulfitri dengan keadaan seorang muslim yang kembali suci dan semua dosanya diampuni karena telah berpuasa sebulan penuh di bulan Ramadan, maka hal tersebut keliru. Sebab, tidak ada satu pun makhluk di dunia yang benar-benar tahu apakah amal ibadahnya telah diterima Allah atau tidak.

Sementara itu, dihimpun dari berbagai sumber, penggunaan kata Lebaran diduga diawali oleh para Wali Songo ketika melakukan dakwah Islam. Bila ditilik dari sejarah, Lebaran sebenarnya berasal dari tradisi Hindu. Para Wali Songo menggunakan istilah tersebut agar muncul kedekatan emosional dengan umat Hindu ketika itu. 

Di satu sisi, sebagian masyarakat Jawa mengklaim kata Lebaran diambil dari kependekan bahasa Jawa ‘wis bar’ artinya sudah bubar atau selesai. Maksudnya, selesai berpuasa di bulan Ramadan. Namun, dalam lingkungan sosial, istilah ‘Sugeng Riyadin’ lebih sering digunakan masyarakat Jawa karena dianggap lebih santun daripada mengucapkan Selamat Lebaran atau Selamat Hari Raya Idulfitri.

Kebahagiaan Sambut Hari Raya Umat Islam

Ilustrasi, Sumber: Pexels (Rodnae Productions)

Dari penjelasan di atas, SobiPegi jadi lebih paham ya asal usul kata Idulfitri dan Lebaran. Terlepas dari beragamnya arti kata Lebaran, secara umum dapat kita maknai bersama bahwa Lebaran adalah hari kemenangan -usai mengerjakan puasa wajib di bulan Ramadan- yang disambut oleh seluruh umat Islam di dunia dengan kelapangan dan kegembiraan hati. Sukacita itu diisi dengan salat Id berjamaah, memakai baju terbaik, menyantap hidangan lezat, berkumpul bersama keluarga, dan bersilaturahmi.

Dalam Islam, silaturahmi bukan sekadar bersalaman sambil meminta maaf atas segala sifat, sikap, dan perilaku yang pernah menyinggung perasaan baik disengaja maupun tidak. Lebih dari itu, makna silaturahmi Lebaran yaitu untuk menyambung kembali tali persaudaraan sesama umat muslim yang tidak hanya terbatas untuk orang yang memiliki hubungan darah saja, melainkan lebih luas kepada semua orang.

Inilah alasan momen Lebaran identik dengan silaturahmi, karena memang maknanya sepenting itu di dalam Islam. Bahkan, Allah menyebutkan keutamaan silaturahmi sebagai salah satu amalan yang dapat melapangkan rezeki dan memudahkan jalan ke surga. Semoga Lebaran tahun ini memberikan keberkahan bagi kita semua. Mohon maaf lahir dan batin, ya!

Nah, buat SobiPegi yang mau mudik atau mencari transportasi untuk arus balik Lebaran, manfaatkan diskon s.d. 70% untuk berbagai pilihan hotel, tiket pesawat, tiket kereta, dan tiket bus dari Pegipegi di Festival Hilir Mudik. Jangan sampai kelewatan. Download Pegipegi sekarang juga!

PESAN TIKET PESAWAT PESAN TIKET KERETA PESAN TIKET BUS & TRAVEL PESAN HOTEL

Jangan lupa install aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store untuk memudahkan transaksi kamu, ya!

google-play
apps-store

FOTO UTAMA: ILUSTRASI (PEXELS/ MENTATDGT)

Comments