Mengintip Anggaran Militer Negara Anggota NATO, Siapa Paling Banyak? – idxchannel

IDXChannel – Besaran anggaran militer negara anggota NATO menjadi perhatian publik setelah mencuatnya operasi militer Rusia ke Ukraina sejak Februari 2022 kemarin. Seperti diketahui, konflik kedua negara ini disinyalir menyeret nama NATO atau North Atlantic Treaty Organization. Organisasi ini merupakan aliansi militer terkuat di dunia yang dipimpin oleh Amerika Serikat. 
Sebagai sebuah aliansi militer terbesar, banyak orang kemudian penasaran dengan anggaran militer negara anggota NATO. Oleh karena itu, IDXChannel mengulas anggaran militer beberapa negara anggotanya sebagai berikut. 
Berdasarkan laman resmi NATO, aliansi ini memiliki sebanyak 30 negara anggota. Menurut data dari Global Fire Power, dari 30 negara anggota tersebut, ada lima negara yang memiliki kemampuan militer terkuat yakni Amerika Serikat, Prancis, Inggris, Italia, dan Turki. 
Sebagai negara dengan militer terkuat, anggaran militer kelima negara tersebut tentu tidak sedikit. Berdasar laporan Statista, kisaran anggaran militer negara-negara tersebut antara lain sebagai berikut.
Amerika Serikat menjadi negara anggota NATO dengan anggaran belanja militer terbesar pada tahun 2021. Amerika Serikat menghabiskan sebanyak USD811,14 miliar atau setara dengan Rp11.600 triliun (Rp14.353 per USD) untuk kepentingan militernya. Anggaran ini mencapai 3,52% dari total Pendapatan Domestik Bruto (PDB) negara tersebut.
Anggaran militer Inggris atau Britania Raya menempati urutan kedua terbesar dari 30 negara anggota NATO. Anggarannya mencapai USD72,76 miliar atau setara dengan Rp1.040 triliun  (Rp14.353 per USD). Jumlah ini sama dengan 2,29% dari PDB negaranya. 

source