Mewakili TNI AU Bakorda Bandung, Danseskoau Apresiasi Lapor Pak Sidak Bandung – PORTAL KOMANDO

PK.Bandung.Dalam program acara Lapor Pak! Sidak Bandung yang disiarkan Trans TV secara langsung dari Lanud Husein Sastranegara, Danseskoau Marsda TNI Minggit Tribowo, S.I.P., hadir sebagai perwakilan TNI Angkatan Udara Bakorda Bandung. Sabtu (30/7/2022).

Pada kesempatan itu, Danseskoau mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Trans TV melalui program acara Lapor Pak! dapat mengambil bagian dalam memeriahkan Peringatan Ke-75 Hari Bakti TNI Angkatan Udara yang jatuh pada tanggal 29 Juli 2022 kemarin.

Untuk diketahui bersama, lanjut Danseskoau, bahwa setiap tanggal 29 Juli, TNI Angkatan Udara memperingati dua peristiwa heroik yang akan selalu dikenang bagi insan TNI Angkatan Udara yaitu serangan udara di tiga kota kedudukan Belanda antara lain Ambarawa, Semarang, dan Salatiga yang dilaksanakan dari Pangkalan Udara Maguwo (saat ini Lanud Adisutjipto, Yogyakarta) dengan menggunakan pesawat hasil rampasan Jepang.

“Keterbatasan peralatan dan alutsista, tidak menurunkan semangat untuk tetap menjaga esensi Negara Indonesia,” ujar Danseskoau.

Melalui tiga Kadet Penerbang yaitu Mulyono, Sutardjo Sigit, dan Suharnoko Harbani, katanya, dengan status masih siswa namun memiliki semangat juang yang luar biasa, di mana dengan peristiwa tersebut membuka mata dunia bahwa TNI Angkatan Udara eksis yang menandakan perjuangan Indonesia tetap ada.

Namun dihari yang sama, kata Danseskoau, pada sore hari pesawat Dakota VT-CLA dalam misi kemanusiaan ditembak jatuh oleh pesawat Kitty Hawk Belanda yang mengakibatkan gugurnya tiga perintis TNI Angkatan Udara yaitu Komodor Muda Udara Agustinus Adisutjipto, Komodor Muda Udara Prof. Dr. Abdulrachman Saleh, dan Opsir Muda Udara Adi Sumarmo Wirjokusuma.

“Ini menjadi pemacu semangat bagi generasi muda insan dirgantara untuk terus menjaga eksistensi NKRI, sehingga peristiwa 29 Juli sangat penting bagi TNI Angkatan Udara,” tegasnya.

Selanjutnya, mewakili TNI Angkatan Udara dan masyarakat Bandung, Danseskoau mengucapkan terima kasih telah menyelenggarakan program Lapor Pak! yang dibintangi Andre Taulany, Wendi Cagur, Andhika Pratama, Surya Insomnia, Kiky Saputri, Hesti Purwadinata, Ayu Ting Ting, Gilang Gombloh, dan Dadan.

Source link