Mitos dan Fakta Seputar Arti Mimpi Melahirkan Saat Hamil

Apakah Ibu pernah mimpi melahirkan saat hamil? Tenang saja, ini adalah hal yang normal terjadi. Dikutip dari Psychology Today, sepertiga Ibu hamil bisa mimpi melahirkan bayi. Frekuensi munculnya mimpi melahirkan bayi bahkan bisa meningkat secara bertahap selama tahap kehamilan.

Pada dasarnya, mimpi-mimpi tersebut menerjemahkan perasaan yang tengah dialami selama masa kehamilan. Mulai dari kekhawatiran untuk menghadapi proses persalinan, perubahan bentuk tubuh,  hingga kekhawatiran tentang keterampilan mengasuh anak. Namun demikian, masyarakat Indonesia justru mengartikan mimpi melahirkan saat hamil dengan berbagai hal.

Nah, untuk mengurangi kekhawatiran tentang arti mimpi melahirkan saat hamil, sebaiknya pelajari dulu mitos dan fakta seputar arti mimpi tersebut. Berikut penjelasan selengkapnya untuk Ibu. Yuk, simak baik-baik!

Mitos: tanda sebuah keberuntungan

Arti mimpi melahirkan saat hamil sering dikaitkan dengan keberuntungan. Selain berupa materi yang berlimpah, mimpi melahirkan bayi juga disebut-sebut pertanda terbukanya jalan karir yang cemerlang. Beberapa orang juga meyakini bahwa keinginan-keinginan yang mungkin saja belum terwujud, bisa segera tercapai jika Ibu hamil mimpi melahirkan bayi.

Padahal hal ini belum terbukti secara ilmiah. Jadi, jika ada yang mengatakan bahwa mimpi melahirkan bayi merupakan tanda sebuah keberuntungan, maka hal tersebut jelas sekadar mitos belaka.

Mitos: pertanda terjadi hal buruk pada janin

Mimpi melahirkan bayi saat hamil terkadang dianggap sebagai pertanda akan terjadi hal buruk pada janin. Namun demikian, belum ada penelitian ilmiah yang bisa membuktikan hal ini. Oleh karena itu, bisa disimpulkan bahwa arti mimpi melahirkan saat hamil sebagai pertanda buruk hanya mitos belaka.

Artinya, Ibu tidak perlu merasa cemas berlebih ketika mendapatkan mimpi tersebut. Ingat, kondisi psikis yang tenang sangat berpengaruh pada kesehatan janin di dalam kandungan. Jadi, jangan sampai Ibu terbebani mitos ini setelah mendapat mimpi melahirkan bayi saat hamil.

Fakta: mengurangi stres

Dikutip dari Healthline, banyak peneliti melihat mimpi hanya sebagai hasil dari aktivitas otak secara acak. Akan tetapi, ada pula peneliti yang melihat mimpi sebagai cara untuk menghadapi atau mengatasi drama emosional dalam hidup. Hal ini karena selama fase mimpi di dalam tidur, otak beroperasi pada tingkat yang jauh lebih rileks daripada saat bangun.

Di sisi lain, beberapa peneliti berpendapat bahwa bermimpi adalah proses adaptasi evolusioner yang membantu manusia mengatasi situasi stres. Dengan bermimpi manusia diharapkan lebih mampu menghadapi situasi di dunia nyata. Oleh karena itu, ketika Ibu mimpi melahirkan saat hamil, bisa jadi ini cara tubuh memberikan sinyal positif terkait proses persalinan yang akan dilalui.

Fakta: membantu proses persalinan berjalan lebih cepat

Mimpi melahirkan saat hamil ternyata bisa membantu proses persalinan berjalan lebih cepat lho! Hasil riset yang dilakukan oleh psikolog Juli Fraga menunjukkan 94% ibu hamil mampu bertindak dalam mengatasi masalah kehamilan atau kelahiran, yang terjadi dalam mimpi melahirkan. Sementara, 30% ibu yang tidak bermimpi melahirkan bayi saat hamil melalui proses melahirkan lebih lama.

Sugesti yang tertanam di dalam alam bawah sadar melalui mimpi melahirkan bayi saat hamil, secara tidak langsung sangat mendukung proses persalinan di dunia nyata. Ibu hamil yang memiliki ketenangan dan percaya diri bisa melahirkan normal dengan lancar, lebih mudah mengatasi kecemasan dan tekanan emosional lainnya saat proses persalinan.

Fakta: kesiapan menyambut kehidupan baru

Kelahiran bayi bisa dimaknai sebagai simbol kehidupan baru. Ini karena setelah si kecil lahir, Ibu akan menyandang status baru, kebiasaan baru, dan segala sesuatu yang terasa baru. Terlebih bagi yang baru kali pertama melahirkan. Arti mimpi melahirkan saat hamil menunjukkan bahwa Ibu memiliki kesiapan yang baik dalam menyambut kehidupan baru.

Perlu diketahui, setelah melalui proses persalinan, perjalanan seorang Ibu justru baru dimulai. Ibu akan mulai belajar mengASIhi, menggendong, memandikan, atau kemampuan-kemampuan baru sebagai seorang Ibu. Ketika secara psikis Ibu siap, maka di kehidupan nyata Ibu bisa lebih matang lagi kondisi psikisnya dalam merawat bayi.

Apa yang menyebabkan mimpi melahirkan saat hamil?

Salah satu penyebabnya mimpi melahirkan bayi saat hamil adalah karena peningkatan produksi hormon. Ibu akan menemukan selama kehamilan bahwa hormon bisa mempengaruhi kondisi emosional. Kondisi ini juga akan mempengaruhi cara otak memproses informasi dan emosi, mungkin menghasilkan mimpi yang lebih jelas dan sering saat Ibu hamil.

Penyebab lainnya adalah terganggunya pola tidur normal selama kehamilan. Ketika Ibu hamil tidak bisa menjaga jadwal tidur yang teratur, atau ketika bangun lebih sering di malam hari baik karena ketidaknyamanan atau keinginan untuk buang air kecil lebih sering, ini akan berdampak pada kualitas tidur. Selama tidur tidak nyenyak inilah mimpi lebih sering muncul.

Mimpi melahirkan saat hamil telah dihipotesiskan sebagai salah satu cara pikiran bawah sadar memproses informasi dan mencoba memecahkan masalah. Perlu diketahui, selama hamil Ibu mungkin merasa berada di bawah lebih banyak tekanan, stres atau kecemasan daripada kondisi biasanya. Hal ini  juga bisa dengan mudah menyebabkan munculnya mimpi yang lebih intens atau bahkan mimpi buruk.

Itulah tadi sejumlah mitos dan fakta mimpi melahirkan saat hamil. Semoga informasi tadi bisa membuat Ibu merasa lebih tenang, ya!

Sumber Artikel www.ibupedia.com