NGARET – 4 Makanan yang Wajib Ada Ketika Lebaran

RagamNews.com-  Tinggal menghitung hari lagi kita akan meninggalkan bulan suci Ramadhan. Dan tentunya kita akan menyambut bulan kemenangan yaitu Lebaran.

Bacaan Lainnya

Membahas soal lebaran pastinya tak luput dari mudik,silaturahmi,hingga menggenakan pakaian baru.Tak hanya itu saja, makanan khas Lebaran juga jadi hal yang tak boleh dilewatkan.Nah, karena lebaran sudah di depan mata ini ada makanan yang wajib ada ketika lebaran untuk menjamu keluarga dan kerbat.

Ketupat

Ketupat. Foto: Internet

Memang lebaran itu sangat identik dengan ketupat. Bisa diibaratkan lebaran tanpa ketupat seperti makanan tanpa garam.Ketupat merupakan makanan pengganti nasi yang berasal dari beras yang di masak sampai matang di dalam bungkus daun atau plastik.

Opor Ayam

Opor Ayam. Foto: Internet

Makanan wajib selanjutnya ada opor ayam. Nah, opor ayam ini bisa dibilang sebagai teman makan untuk ketupat. Jadi di mana ada ketupat, di situ juga ada opor ayam. Opor ayam merupakan makanan berkuah yang di buat dari daging ayam yang di rebus dalam kuah santan. Kuah santan untuk opor di buat dari  bumbu berupa santan kelapa, serai, kencur, kunyit dan garam.

Rendang

Rendang. Foto: Intenet

 

Makanan yang  berasal dari Padang ini salah satu menu wajib lainnya yang akan ditemui dilebaran. Konon katanya rendang merupakan makanan paling lezat didunia. Rendang biasanya bisa dibuat dari daging sapi atau kerbau menggunakan berbagai bumbu rempah. Makanan ini dihasilkan dari proses masak yang dipanaskan berulang-ulang dengan santan kelapa. Biasanya makan rendang ini disandingkan dengan ketupat dan opor ayam.

Kue Nastar

Kue kering yang paling identik dengan lebaran ialah nastar.Kue nastar adalah kue kering yang di buat dari adonan tepung terigu, mentega, telur, dan vanili. Nastar di bentuk bulat dengan ukuran sekitar diameter 2 sentimeter yang kemudian adonannya di isi selai buah nanas, coklat, stroberi, atau selai lain sesuai selera.

Setiap Hari Raya Idul Fitri kita dapat menemukan kue nastar di atas meja. Menu khas lebaran ini sangat cocok dinikmati dengan secangkir teh panas ketika berkumpul bersama keluarga.

 

 

 

 

 

 

 

Source link