Paguyuban Warga Majalengka Di Luar Daerah, Bangun Masjid Dan Klinik – PORTAL KOMANDO

Portal Komando Jabar,-Pada hari Kamis 25 Agustus 2022, bertempat di Desa Sukaraja Wetan, Kecamatan Jatiwangi, Kabupaten Majalengka, telah dilaksanakan Peresmian Masjid Daarul Jannah dan Gedung Klinik Mutiara Ananda Jatiwangi.

Hal tersebut dibenarkan Kapendam III/Slw setelah dikonfirmasi melalui saluran telepon, Jum’at (26/08/2022).

“Benar Kamis pagi tadi telah dilaksanakan peresmian Masjid Daarul Jannah yang beralamat di Desa Sukaraja Wetan, Kecamatan Jatiwangi, selain itu juga dilaksanakan peresmian Gedung Klinik Pratama Mutiara Ananda,” ujarnya.

Lanjut dikatakannya, pembangunan Masjid Daarul Jannah merupakan sumbangsih dari para donator yang tergabung dalam Paguyuban warga Kabupaten Majalengka yang tinggal di luar daerah sebagai bentuk kecintaannya terhadap tanah kelahirannya.

“Pembina Paguyuban itu sendiri adalah Kolonel Inf Yogi Gunawan putra daerah dari Majalengka yang saat ini menjabat sebagai Kainfolahta Kodam III/Slw,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, pembina Paguyuban warga Kab. Majalengka dalam sambutannya mengatakan bahwa dirinya bersama warga Majalengka yang tinggal di luar daerah dan salah satunya adalah Prof DR Juntika Nur Ihsan, salah satu Guru Besar di UPI Bandung, putra asli desa Sukaraja Wetan, Kec. Jatiwangi, Kab. Majalengka bersama para donatur punya obsesi dan niat yang kuat untuk membantu Pemda di bidang keagamaan dan pelayanan kesehatan yaitu dengan dibangunnya Masjid dan Klinik, walaupun semula akan dibangun tahun 2019 namun akibat adanya pandemi Covid, baru bisa dibangun tahun 2022.

Sementara itu tujuan pembangunan masjid tersebut untuk membina umat Islam dalam meningkatkan ibadah dan ketaqwaan kepada Allah SWT, begitu juga dibangunnya Klinik Pratama Mutiara Ananda diantaranya dalam rangka membantu warga yang tidak mampu untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

“Saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua donatur yang telah menyumbangkan harta serta tenaga dalam pembangunan Masjid Daarul Jannah dan Klinik Pratama Mutiara Ananda ini mulai dari awal sampai dengan Peresmian,” ucapnya.

Peresmian masjid dan klinik, sambung Kapendam, ditandai dengan penandatanganan prasasti dan gunting pita oleh Bupati Majalengka Dr. H Karna Sobahi.M.M.Pd.

Kapendam menambahkan, sehari sebelum dilaksanakannya peresmian Masjid Daarul Jannah dan Klinik Pratama Mutiara Ananda, Paguyuban warga Majalengka menggelar bakti sosial berupa khitanan massal gratis bagi warga sekitar dan donor darah.

Terkait peresmian pembangunan masjid dan klinik yang digagas oleh Paguyuban warga Majalengka, Pangdam III/Slw Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo, melalui Kainfolahtadam III/Slw menyampaikan pesannya, bahwa peresmian pembangunan masjid dan klinik tidak hanya bersifat ceremonial saja, melainkan mempunyai tujuan yang mendalam yaitu dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketaqwaan warga masyarakat kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Selain itu juga dalam upaya menambah wawasan bidang keagamaan yang dilakukan melalui kegiatan kajian agama, sehingga pemikiran ataupun pemahaman agama warga masyarakat tidak sempit. Di samping itu juga dalam rangka menyiapkan sumber daya manusia yang tangguh, berkarakter berlandaskan nilai-nilai keagamaan dan cinta tanah air guna mendukung Sishanta.

( Wandha MPK / Pendam III/Siliwangi ).

 

Source link