Panavia Tornado Terbang Sengaja Tanpa Kanopi, Ini Sebabnya!

Panavia Tornado Terbang Sengaja Tanpa Kanopi, Ini Sebabnya!

Kaca kanopi pada jet tempur bisa saja terbuka saat di udara, yakni secara tak sengaja karena suatu insiden, atau sebaliknya bisa juga ‘terjadi’ karena memang disengaja. Nah, untuk yang poin kedua, beberapa pernah viral fotonya. Lantaran disengaja, tentu ada kamera yang sedari awal mempersiapkannya. Bicara tentang yang satu ini, maka aksi yang dilakukan Keith Hartley, pilot uji dari British Aerospace (BAe) adalah yang paling fenomenal.

Baca juga: Untuk Kedua Kalinya, Kaca Kanopi Jet Tempur F-15 Eagle Lepas Saat di Udara

Dari beberapa literasi, disebutkan pada tahun 1988, Keith Hartley menerbangkan Tornado XZ630 tanpa kaca kanopi. Dikutip dari Twitter @BAESystemsplc, disebutkan bahwa aksi Keith Hartley dilakukan dalam rangkaian pengujian prosedur darurat escape penerbang saat pesawat melesat dengan kecepatan tertentu. Pengujian terbang tanpa kanopi dilakoni dalam kecepatan 500 knots (setara 926 km per jam).

Panavia Tornado XZ630 adalah varian prototipe produksi Inggris yang terbang perdana pada 14 Maret 1977 dan berpartisipasi dalam uji coba pelepasan senjata di Airplane & Armament Experimental Establishment (A&AEE) di Boscombe Down. Tornado varian prototipe (pra-produksi) mendapatkan perhatian untuk sejumlah penyempurnaan dari prototipe sebelumnya yang akan dimasukkan ke varian produksi.

Setelah sukses sebagai pesawat uji coba, Panavia Tornado XZ630 dipensiunkan dan telah menjadi monumen di Lapangan Parade Pelatihan Rekrut RAF Halton sejak tahun 2004. Pesawat ini diperbaharui agar menyerupai GR4 dari Skuadron 31, dan saat ini berbasis di RAF Marham.

Baca juga: Duh, Kaca Kanopi F-16 Viper Taiwan Terlepas di Udara

Selain Panavia Tornado, beberapa jet tempur lain yang pernah terekam dengan sengaja terbang tanpa kanopi adalah Sukhoi Su-30 dan Su-57. (Gilang Perdana)



Source link