Pertama Kali, Airbus A330 MRTT Singapura Lakukan Air Refueling pada Jet Tempur Stealth F-35

Pertama Kali, Airbus A330 MRTT Singapura Lakukan Air Refueling pada Jet Tempur Stealth F-35

Sebagai pemilik angkatan udara terkuat di Asia Tenggara, Singapura membawa rombongan besar dalam latihan perang udara multilateral Pitch Black 2022 di Australia Utara. Di Pitch Black 2022, AU Singapura (RSAF) memboyong jet tempur F-15SG dan F-16D+, serta pesawat tanker Airbus A330 MRTT (Multirole Tanker Transport). Nah, yang disebut terakhir, rupanya ada kesempatan menarik bagi awak A330 MRTT selama Pitch Black 2022.

Baca juga: Airbus A330 MRTT Belanda (NATO) Mendarat Darurat dengan Refueling Hose Menjulur

Dikutip dari channelnewsasia.com (1/9/2022), selama ini AU Singapura sudah terbiasa mengoperasikan pesawat tanker, namun, awak pesawat tanker RSAF dominan menangani proses air refueling dengan metode boom, yaitu seperti pada jet tempur F-15 dan F-16. Sementara, saat AU Singapura kedatangan jet tempur stealth F-35B Lightning II, maka awak pesawat tanker A3330 MRTT Singapura harus bersiap untuk menanganai proses air refueling dengan metode hose dan drogue.

Di masa lalu, AU Singapura sudah pernah mengangani air refueling dengan metode hose, yaitu saat mereka mengoperasikan jet tempur A-4SU Skyhawk dan F-5 Tiger, AU Singapura pun punya pesawat tanker KC-130B, seperti yang dimiliki Skadron Udara 32 TNI AU. Namun, seiring reorganisasi dan pensiunnya kedua jet tempur tadi, maka kru pesawat tanker terbaru dengan armada A330 MRTT lebih terkonsentrasi menggunakan metode boom.

Dan di Pitch Black 2022, awak A330 MRTT Singapura untuk pertama kalinya melakukan air refueling pada jet tempur stealth F-35B milik Korps Marinir AS (USMC). Itu sekaligus menandakan latihan air refueling dengan metode hose, pasalnya F-35B mengusung metode hose untuk isi bahan bakar di udara. Berbeda dengan F-35A yang mengusung motode boom. Dalam Pitch Black 2022, A330 MRTT Singapura juga berhasil melakukan air refueling pada F-35A milik AU Australia (RAAF).

Poin penting disini adalah Singapura bakal menjadi operator F-35B, dimana empat unit pertama akan diterima Singapura pada tahun 2026.

Baca juga: Airbus A330 MRTT Raih Sertifikasi Sebagai Pesawat Tanker Pertama di Dunia yang Melakukan Pengisian Bahan Bakar Otomatis di Udara

Dalam metode hose dan drogue, operator pengisian bahan bakar di pesawat tanker hanya memperpanjang selang. Kemudian ‘terserah’ pada pilot pesawat tempur untuk mengarahkan probe bahan bakar jet ke dalam drogue. Bagi personel pesawat tanker Singapura, metode hose dan drogue lebih mudah dilakukan ketimbang metode boom, yang mengharuskan opertor untuk aktif dan jeli memasukan probe ke receptacle di jet tempur penerima. (Bayu Pamungkas)



Source link