Polandia Pilih K239 Chunmoo – Self Propelled MLRS Multi Kaliber Buatan Korea Selatan

Polandia Pilih K239 Chunmoo - Self Propelled MLRS Multi Kaliber Buatan Korea Selatan

Meski Polandia bertetangga dengan Ceko, dan sesama anggota NATO, namun ada kabar, bahwa Polandia justu melirik peluncur roket multi kaliber – MLRS (Multiple Launch Rocket Systems) produksi Korea Selatan, K239 Chunmoo. Bukannya melirik MLRS produksi Excalibur Army dari Ceko, menurut informasi dari Defence24.com pada 27 Agustus 2022, Menteri Pertahanan Polandia Mariusz Błaszczak mengumumkan bahwa Polandia akan memperoleh MLRS K239 Chunmoo dari Korea Selatan.

Baca juga: Polandia Borong Senjata Besar-besaran, Korea Selatan Raih Penjualan Alutsista Terbesar Sepanjang Sejarah

Kedekatan antara Polandia dan Korea Selatan mengemuka dalam beberapa waktu belakangan, terutama setelah Polandia memutuskan memborong paket alutsista produksi Korea Selatan, senilai US$14,5 miliar, yang mencakup 180 unit Main Battle Tank (MBT) K2 Black Panther, 48 unit jet tempur ringan FA-50 Fighting Eagle dan 670 unit Self Tracked Propelled Howitzer K9 Thunder.

Tentang K239 Chunmoo, merupakan self propelled MLRS yang dirancang dan diproduksi oleh Hanwha Corporation, dan dikenal sebagai senjata artileri generasi baru yang mampu menembakkan berbagai kaliber roket.

K239 Chunmoo membawa dua pod peluncuran yang mampu menembakkan roket dengan kaliber berbeda. Ini dapat menembakkan roket tanpa pemandu K33 kaliber 130 mm (20 roket ke setiap pod), roket tanpa pemandu 227 mm (6 roket ke setiap pod), dan roket berpemandu 239 mm (6 roket ke setiap pod). Roket 130 mm memiliki jangkauan 36 Km, sedangkan roket kaliber 230 mm yang lebih besar memiliki jangkauan sekitar 80 Km untuk yang tidak berpemandu, dan 160 Km untuk varian berpemandu.

Roket 239 mm memiliki panjang 3,96 meter dan dipandu GPS/INS dengan dua mode operasi, yaitu ledakan tumbukan (impact bursting) untuk melawan personel dan ledakan tunda (delay bursting) untuk menghancurkan bunker.

Dua jenis pod roket yang berbeda dapat dimuat sekaligus dan wadah modular dapat dimuat ulang dengan cepat. K239 Chunmoo mengadopsi sasis truk Doosan Infracore K239L 8×8 dengan kabin lapis baja untuk 3 orang awak dari tembakan senjata ringan dan serpihan peluru artileri, serta perlindungan NBC.

Baca juga: Ceko Kirim 20 Unit Self Propelled MLRS RM70 Vampire ke Ukraina

Setiap peluncur Chunmoo dipasangkan dengan K239T Amunition Support Vehicle (ASV) menggunakan sasis truk yang sama yang membawa empat pod isi ulang. Satu baterai (kompi) K239 Chunmoo Angkatan Darat Korea Selatan terdiri dari 18 kendaraan dan menggunakan K200A1 sebagai kendaraan kendali dan komando. (Gilang Perdana)



Source link