Polandia Teken Kontrak dengan Babcock, Bangun Tiga Unit Frigat Miecznik (Arrowhead 140)

Polandia Teken Kontrak dengan Babcock, Bangun Tiga Unit Frigat Miecznik (Arrowhead 140)

Bukan cuma bendera yang mirip, pilihan Polandia untuk program kapal perang (frigat) masa depan, juga mirip dengan pilihan Indonesia. Persisnya, Pemerintah Polandia telah menandatangani kontrak untuk pengadaan frigat Miecznik (Swordfish) dari Babcock International, Inggris. Desain frigat MIECZNIK sendiri didasarkan pada basis frigat Arrowhead 140, dengan beberapa penyesuaian untuk kebutuhan Angkatan Laut Polandia.

Baca juga: Babcock Lakukan First Steel Cutting Pembangunan Unit Perdana Frigat Arrowhead 140 (Type 31)

Dikutip dari navalnews.com (7/9/2022), kontrak antara Pemerintah Polandia dengan Babcock International didasarkan atas program Transfer of Knowledge & Skills, dimana Babcock akan memberikan pelatihan dan pengembangan desain kapal kepada perusaan lokal Polandia. Mirip dengan model kerja sama Babcock di Indonesia, dimana dua unit frigat Arrowhead 140 akan dibangun oleh PT PAL Indonesia, maka frigat Miecznik nantinya juga akan dibangun oleh konsorsium galangan lokal Polandia, PGZ-Miecznik.

Namun, bila unit frigat yang akan dibangun oleh PT PAL Indonesia adalah dua unit, maka PGZ-Miecznik akan membangun tiga unit kapal perang dengan memaksimalkan tenaga kerja lokal. Kontrak desain adalah kunci untuk mendukung kematangan frigat MIECZNIK dan penyediaan paket dokumentasi desain kepada Polska Grupa Zbrojeniowa (PGZ S.A) untuk diserahkan kepada Classification Authority.

Proses kritis dan tepat waktu dalam kontrak akan mendorong tahap selanjutnya, yakni jadwal pemotongan plat baja kapal pertama yang akan dijadwalkan pada tahun 2023.

Babcock International mengumumkan kontrak program frigat Miecznik selama MSPO, yakni acara Industri Pertahanan Internasional ke-30 yang diadakan di Kielce, Polandia. Awal tahun ini Babcock mendukung pembukaan Kantor Manajemen Proyek PGZ S.A di Gdynia, Polandia, yang akan mengelola pembangunan program frigat MIECZNIK di Polandia.

Baca juga: Dibangun dalam Waktu 69 Bulan, Inilah Alasan PT PAL Indonesia Pilih Desain Frigat Arrowhead 140 dari Babcock

Program frigat Miecznik Polandia adalah kontrak ekspor kedua untuk Arrowhead 140 setelah pesanan pertama dari perjanjian lisensi desain dengan PT PAL Indonesia untuk dua frigat. Dengan lisensi desain dari Babcock, memungkinkan PT PAL untuk membangun dua frigat Arrowhead 140 di Indonesia dengan modifikasi desain khusus untuk TNI AL. Desain dasar Arrowhead 140 dapat dikonfigurasi guna memenuhi berbagai persyaratan angkatan laut. Dan saat ini PT PAL sedang merancang modifikasi yang diperlukan untuk mengkonfigurasi Arrowhead 140 untuk kebutuhan TNI AL. (Bayu Pamungkas)



Source link