Polemik MRTI vs Team StyloBike, Pertamina: Kami Telah Memenuhi Kewajiban Sebagai Sponsor

JAKARTA, RagamNews.com – PT Pertamina (Persero) angkat bicara terkait beredarnya pemberitaan soal Mandalika Racing Team Indonesia (MRTI) yang belum memenuhi kewajiban kepada salah satu pembalap. 

Adapun nama Pertamina ikut terseret lantaran bekerjasama dengan PT Mandalika Motorbalap Indonesia sebagai sponsor utama MRTI. 

Pertamina melalui Corporate Secretary Brahmantya S. Poerwadi melayangkan surat keberatan kepada President MRTI dan PT. Mandalika Motorbalap Indonesia karena merasa disudutkan dan dirugikan dengan adanya pemberitaan tersebut. 

“Menindaklanjuti kerja sama sponsorship antara PT Pertamina (Persero) dan PT Mandalika Motorbalap Indonesia perihal Mandalika Racing Team Indonesia, bersama ini kami menyatakan sangat keberatan atas pemberitaan yang muncul sehubungan dengan kewajiban PT Mandalika Motorbalap Indonesia kepada salah satu pembalap,” tulis Brahmantya dalam salinan surat yang diterima wartawan, Jumat (6/5/2022). 

“Adapun PT Pertamina (Persero) selaku sponsor utama merasa dirugikan dengan pemberitaan yang menyudutkan Pertamina dan berdampak negatif bagi reputasi Pertamina baik secara nasional maupun global,” ungkapnya. 

Brahmantya menegaskan bahwa Pertamina telah memenuhi kewajiban sebagai sponsor sesuai dengan kesepakatan yang tertuang dalam kontrak kerjasama dengan PT Mandalika Motorbalap Indonesia. 

Karenanya, PT Pertamina meminta agar PT Mandalika Motorbalap Indonesia harus dapat melakukan pengelolaan tim secara profesional dengan memperhatikan hak-hak para pembalap. 

“Dapat kami sampaikan pula, bahwa Pertamina telah memenuhi kewajiban sebagai sponsor sesuai dengan kesepakatan yang tertuang dalam kontrak kerjasama sehingga kami minta PT Mandalika Motorbalap Indonesia harus dapat melakukan pengelolaan tim secara profesional dengan memperhatikan hak-hak para pembalap, kru, partner serta mampu melindungi nama baik sponsor secara maksimal,” tegas Brahmantya. 

Pertamina juga berharap agar PT Mandalika Motorbalap Indonesia dan MRTI memberikan penjelasan kepada publik guna pemulihan nama baik Pertamina sebagai sponsor utama. 

“Berdasarkan hal tersebut, kami harapkan kerjasamanya untuk segera memberikan statement kepada publik guna pemulihan nama baik Pertamina sebagai sponsor utama,” kata Brahmantya. 

“Besar harapan kami bahwa masalah ini dapat diselesaikan dengan baik dan tidak terulang di kemudian hari. Demikian disampaikan atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih,” pungkasnya. 

Sebelumnya diberitakan, Team StyloBike melalui akun Instagramnya mempertanyakan nasib pembalapnya dan pembayaran gaji pada Mandalika Racing Team Indonesia atau MRTI. 

Dalam unggahan Team StyloBike, dituliskan bahwa tidak ada respons dari tim MRTI. Team StyloBike juga mempertanyakan nasib Dimas Ekky dan pembayaran tim yang belum dilakukan MRTI sejak musim lalu.

Diketahui, MRTI berkolaborasi dengan Team StyloBike. Tim ini bersaing di FIM CEV Moto2 2021 dengan menggunakan nama Pertamina Mandalika StyloBike.

Salah satu pembalapnya berasal dari Indonesia, yakni Dimas Ekky Pratama. Pembalap muda kebanggaan Tanah Air ini pernah turun di MotoGP kelas Moto2.

“Tic tac, tic tac, Tidak ada respon dari Tim Mandalika Mandalika Racing Team Indonesia. Bagaimana dengan Dimas? Pembalap Indonesia dengan Indonesia Sponsor? (Pertamina Mandalika) Apakah Anda berencana untuk membayar tim untuk musim 2021?. Saatnya untuk mengatakan yang sebenarnya..'” tulis @teamstylobike, Minggu (1/5/2022).