Prajurit Pasmar 3 Latihan Mobile Udara – PORTAL KOMANDO

Prajurit Pasmar 3 Latihan Mobile Udara





PK.Sorong.Untuk mengasah dan mempertajam naluri tempur, prajurit Pasmar 3 melaksanakan latihan operasi Mobile Udara (Mobud) pada Latihan Satuan Dasar (LSD) II TW II TA 2022 di wilayah Markas Komando Pasmar 3, Kesatrian Agoes Soebekti, Jl. Sorong-Klamono, Km. 16, Distrik Klaurung, Kota Sorong, Papua Barat. Selasa (28/06/2022).

Mobile Udara adalah suatu bentuk operasi dimana pasukan tempur melakukan perpindahan taktis melalui media udara dengan dimuat oleh pesawat terbang atau helikopter yang kemudian bergerak menuju sasaran sesuai kendali komando tugas untuk dilibatkan dalam pertempuran darat atau operasi darat lanjutan. Latihan operasi Mobud ini dilaksanakan dengan beberapa tahap yakni, tahap persiapan, pemuatan pasukan, pendaratan dan perebutan sasaran.

Pelaksanaan latihan tersebut dipimpin langsung oleh Pasops Brigif 3 Marinir Letkol Marinir Widarta Kusuma, S.E., M.Tr.Opsla dengan menggunakan sarana Heli Bell HU-4207 Skuadron Udara 400 Wing Udara 2 Puspenerbal dengan Pilot Kapten Laut (P) Arif Heri Nugroho dan Copilot Lettu Laut (P) Rivo Kurniadi. Tujuan latihan tersebut adalah untuk mengejar dan menghancurkan sasaran guna mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas pokok sebagai pasukan pendarat amfibi Korps Marinir.

Pada kesempatan tersebut, Komandan Pasmar 3 Brigjen TNI (Mar) Y. Rudy Sulistyanto, S.E, yang meninjau langsung jalannya latihan mengatakan bahwa latihan ini sangat berguna untuk mempertajam kemampuan taktik, teknik dan keterampilan bertempur prajurit Pasmar 3 baik tingkat kelompok maupun tingkat regu sehingga menjadi prajurit yang profesional, terlatih dan militan.




Source link