Purna Tugas ,Prajurit Yonmarhanlan IX Ambon Terima Satya Lencana Wira Nusa – PORTAL KOMANDO

PK.Ambon.Setelah melaksanakan penugasan selama kurang lebih 10 bulan di wilayah pulau terluar Maluku Barat Daya, kedatangan personel Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) IX Ambon Pasmar 3 yang tergabung dalam Satuan Tugas Pengamanan Pulau Terluar (Satgas Pam Puter) Maluku Barat Daya (MDB) Ke VII TA. 2021 disambut dalam upacara penyambutan yang dipimpin oleh Wadan Lantamal IX Kolonel Laut (P) Eka Prabawa, S.E.,M.Tr.Opsla bertempat di Lapangan Apel Mako Lantamal IX Halong, Baguala, Kota Ambon, Maluku. Selasa (02/08/2022)

Upacara penyambutan Satgas Pengamanan Pulau Terluar ini dilaksanakan sebagai bentuk penghargaan kepada prajurit yang telah selesai melaksanakan tugasnya sebagai garda terdepan, menjaga wilayah terluar Negara Kesatuan Republik Indonesia dari berbagai ancaman dan gangguan yang datang sewaktu-waktu dan telah menorehkan tinta emas karena selama satgas tidak ada laporan negatif yang dilakukan prajurit.

Wadan Lantamal IX saat membacakan amanat Danlantamal IX Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina, M.M., M.T.,menyampaikan bahwa berdasarkan Undang-Undang Nomor 34 tahun 2004 Pasal 7 tentang TNI, mengamanatkan bahwa tugas pokok TNI adalah menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, menjaga keutuhan wilayah darat, laut, dan udara yang batas-batasnya ditetapkan dengan undang-undang.

Adapun wilayah pengamanan Satgas Pam Puter MBD VII Tahun 2021 antara lain Pulau Moa, Pulau Romang, Pulau Kisar, Pulau Wetar, Pulau Leti dan Pulau Lirang. Pada kesempatan tersebut juga Wadan Lantamal IX menyematkan Satya Lencana Wira Nusa kepada perwakilan anggota Satgas Pam Puter Pratu Marinir Lalu Wari Hamdani dan dilanjutkan dengan foto bersama.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, para Pejabat Utama Lantamal IX, para Kasatker Lantamal IX, Danyonmarhanlan IX Mayor Mar Mayor Mar Rowin Zummy Simarmata, M.Tr.Opsla., Pengurus Korcab IX DJA III dan Ketua Ranting A Korcab Pasmar 3.

Source link